Nilai Yang Terkandung dalam Sila 1,2,3,4 dan 5

Di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terkandung 4 pilar kebangsaan yang menjadi dasar yang mempersatukan Negara Indonesia. Para pejuang terdahulu telah merumuskan 4 pilar kebangsaan untuk mempersatukan Negara Indonesia yang notabene terdiri dari berbagai macam suku dan bangsa. Meskipun proses perumusan Pancasila hanya dalam kurun waktu yang cukup singkat terbukti 4 pilar kebangsaan ini memberikan kita semangat persatuan untuk menjaga keutuhan NKRI.

Salah satu dari 4 pilar kebangsaan yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah Pancasila. Pancasila adalah pilar kebangsaan pertama yang mana di dalamnya terkandung sila-sila yang menggambarkan ideologi bangsa dalam mempertahankan keutuhan NKRI. Ke-5 sila pancasila sendiri tertuang di dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 dan ditetapkan sebagai nilai dasar yang memiliki penjabaran luas yang tertuang di dalam nilai-nilai yang terkandung dalam sila 1,2,3,4 dan 5.

nilai nilai yang terkandung di dalam pancasila

Sebagai bangsa yang besar dan terdiri dari banyak suku dan golongan maka sudah seharusnya kita memiliki Pancasila sebagai ideologi terbuka yang bisa mempersatukan semua perbedaan. Dari ke-5 sila yang telah tercantung dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 diatas, terkandung setidaknya 22 nilai. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang nilai-nilai pancasila yang terkandung di dalam sila 1,2,3,4 dan 5.

Nilai Sila Ketuhanan yang maha Esa

Dalam sila pertama Negara Indonesia mengakui dan menjamin kebebasan bagi seluruh warga negara Indonesia untuk menganut agama dan kepercayaan masing-masing. Negara juga menjamin kebebasan dalam menjalankan ibadah dan memiliki tempat peribadatan yang layak. Berikut ini nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama pancasila:

  • Sebuah keyakinan bahwa Tuhan itu ada dan mempunyai sifat yang sempurna.
  • Mempunyai ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara melakukan semua perintahNya dan menjauhi laranganNya.
  • Saling hormat menghormati antar umat beragama.
  • Adanya bentuk kebebasan untuk menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agama masing masing.

Dengan mengamalkan pancasila sila pertama ini tidak dibenarkan adanya sekelompok orang untuk memaksakan sebuah kepercayaan kepada sekelompok/individu yang lain untuk mempercayai agamanya. Setiap warga negara dipersilahkan memilih secara bebas agama yang sesuai dengan hati nuraninya masing-masing selagi agama tersebut diakui oleh negara.

Nilai Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Kondisi masyarakat yang berbeda-beda tentu memberikan andil besar bagaimana keadilan yang diberikan bisa merata dan sama ke semua golongan. Negara menjamin untuk memberikan nilai kemanusiaan yang adil dan beradab ke semua suku atau golongan tanpa membeda-bedakan. Berikut ini nilai-nilai pancasila sila yang terkandung di dalam sila ke 2 pancasila:

  • Orang mempunyai hak dan martabat yang sama dan sejajar.
  • Timbulnya pengakuan bahwa orang merupakan makhluk sosial yang paling sempurna.
  • Dengan menjunjung tinggi nilai keorangan akan mendapat perlakuan adil dari dan kepada orang lain.
  • Setiap orang mempunyai rasa solidaritas dan tenggang rasa yang tinggi sehingga mereka tidak bisa bertindak seenaknya sendiri.

Dalam pengamalan nilai-nilai pancasila sila ke 2 tidak dibenarkan sekelompok orang/individu untuk bertindak seenaknya sendiri karena pada dasarnya manusia memiliki nilai harkat dan martabat yang sama sehingga negara harus menjamin setiap warga negaranya diperlakukan secara adil dan beradab. Hal ini dibuktikan dengan diterapkannya aturan hukum, dimana semua warga negara akan diperlakukan sama dihadpan hukum.

Nilai Sila Persatuan Indonesia

Dalam sila ketiga pancasila ditenkankan lagi tentang nilai persatuan, dimana bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang utuh dan memiliki rasa persatuan dan kesatuan meskipun berasal dari latar belakang suku dan golongan yang berbeda. Secara lebih jelas lagi berikut adalah nilai-nilai pancasila persatuan Indonesia yang terkandung dalam sila ke 3 pancasila:

  • Menempatkan kepentingan, keselamatan, persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan diri sendiri dan golongan.
  • Mempunyai rasa cinta tanah air, bangsa serta negara dengan cara rela berkorban demi kepentingan bangsanya sendiri.
  • Mengakui semua suku bangsa termasuk dengan keanekaragaman budaya suku bangsa tersebut. Hal ini tentunya dapat mendorong bangsa Indonesia menuju persatuan dan kesatuan.

Sila pancasila ke tiga inilah yang menjadi dasar pemersatu bangsa. Slaah satu contoh implementasinya adalah dibentuknya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang bisa mempersatukan bangsa yang berasal dari golongan berbeda yang tentunya memiliki bahasa yang berbeda pula. Namun dengan bahasa Indonesia warga negara bisa memiliki bahasa yang bisa mempersatukan bangsa dalam berkomunikasi satu sama lain.

Nilai Sila Kerakyatan yang di Pimpim oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

Nilai pancasila sila ke-4 menekankan bahwa negara Indonesia memiliki pemimpin-pemimpin yang mewakili rakyat dalam mengambil sebuah kebijakan. Demokrasi adalah bentuk nyata dari implementasi nilai-nilai sila ke 4 ini. Berikut ini adalah  nilai-nilai sila ke 4 yang terkandung dalam pancasila:

  • Rakyat Indonesia merupakan warga negara yang mempunyai hak, kewajiban dan kedudukan yang sama.
  • Asas kekeluargaan digunakan untuk melakukan musyawarah serta mufakat.
  • Mengutamakan segala kepentingan bersama dan kepentingan bangsa melebihi kepentingan diri sendiri dan golongan.
  • Melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan yang menyangkut banyak orang.

Dengan nilai-nilai pancasila sila ke 4 ini menjamin bahwa negara Indonesia tidak akan dijalankan secara diktator. Negara akan dijalankan secara demokrasi dengan 3 fungsi utama yakni legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Nilai Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Selanjutnya pada sila ke 5 ditekankan norma hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Semua orang dianggap sama dan diperlakukan sama dihadapan hukum. Beriut ini nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke 5 pancasila:

  • Semua orang mempunyai derajat yang sama di mata hukum.
  • Mencintai segala jenis pembangunan demi kemajuan bangsa.
  • Tidak membeda bedakan orang berdasarkan derajat dan golongan.
  • Adil dan bijaksana dalam segala tindakan.

Untuk mewujudkan nilai-nilai sila ke-5 pancasila ini maka dibentuklah lembaga-lembaga yang bertugas untuk menegakan hukum diantaranya seperti polisi, KPK, kejaksaan dan pengadilan yang diharapkan dapat menjamin kepastian hukum baik perlindungan maupun kedudukan yang sama di hadapan hukum yang berlaku.

Demikianlah 22 nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sila ke 1,2,3,4 dan 5.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply