Pengekangan dan Kebebasan Dunia Pers

inoputro(dot)com, pengekangan dan kebebasan pers.

Telah diuraikan secara singkat pada postingan sebelumnya bahwa pers berperan antara lain untuk menyebarluaskan informasi. Dalam konteks hak asasi manusia, hak setiap orang untuk memperoleh informasi merupakan hak yang diakui secara universal. Semenjak kedudukannya sebagai media massa, pers juga dapat menjadi wahana untuk menyuarakan ekspresi (kehendak, kepentingan, gagasan, dan keyakinan). Kebebasan untuk berekpresi ini pun merupakan hak asasi yang berlaku universal. Dengan begitu kemerdekaan pers perlu memperoleh jaminan perlindungan agar hak asasi manusia tidak ditindas.

Konsep kebebasan pers mulai memperoleh perhatian besar sejak 1950. dalam situasi perang dingin, muncul gejala persaingan antara dua ideologi besar, komunikasi dan liberalisme. Tidak mengherankan jika konsep kemerdekaan pers kemduian berkembang sesuai dengan semangat zaman yang tengah dilanda persaingan ideologi diatas.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian pengekangan pers (55), pengekangan pers adalah (3), pengekangan pers dan kemerdekaan pers (3), apa yang di maksud dengan pengekangan pers (2), pengertian dari pengekangan pers adalah (2), pengertian dari pengekangan pers (2), Pengertian pengekangan terhadap kebebasan komunikasi (1), pengertian dari pengakangan pwrs (1), pengerian pengekangan pers (1), pengekangan pers (1), pengakangan (1), macam macam pengekangan (1), penyebab pengekangan pers (1), 

No Responses to “Pengekangan dan Kebebasan Dunia Pers”
  1. Pingback: Tentang Pers | Ino Putro 09/09/2011

Leave a Reply