Pancasila Sebagai Suatu Sistem Filsafat

inoputro(dot)com, Pancasila sebagai suatu sistem filsafat.

Pancasila merupakan ideologi bangsa indonesia. Walaupun pada prakteknya sekarang pancasila seakan menghilang dari hidup masyarakat Indonesia. Pancasila yang dahulu dijadikan alat peredam oleh dekade orde baru, telah disalah gunakan dari fungsi asalnya sebagai ideologi negara Indonesia. Padahal pancasila sendiri memiliki fungsi penting yang sangat vital bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan diantaranya adalah pancasila sebagai suatu sistem filsafat.

Pancasila yang terdiri atas lima sila pada hakikatnya merupakan sistem filsafat. Yang dimaksud dengan sistem adalah satu-kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan, saling bekerjasama untuk satu tujuan tertentu, lazimnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Satu kesatuan bagian-bagian
  2. Bagian-bagian tersebut mempunyai fungsi sendiri-sendiri
  3. Slaing berhubungan, saling ketergantungan
  4. Kesemua dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan bersama (tujuan sistem)
  5. Terjadi dalam suatu lingkungan yang kompleks (Shore dan Voich, 1974:122)

Sila-sila Pancasila yang merupakan sistem filsafat pada hakikatnya merupakan suatu kesatuan organik. Antara sila-sila Pancasila itu saling berkaitan, saling berhubungan bahkan saling mengkualifikasi. Sila yang saru senantiasa dikualifikasikan oleh sila-sila lainnya. Secara demikian ini maka Pancasila pada hakikatnya merupakan sistem, dalam pengertian bahwa bagian-bagian (sila-silanya) saling berhubungan secara erat sehingga membentuk suatu struktur yang menyeluruh. Pancasila sebagai suatu sistem juga dapat dipahami dari pemikiran dasar yang terkandung dalam Pancasila, yaitu pemikiran tentang manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, dengan dirinya sendiri, dengan sesama manusia, dengan masyarakat bangsa dan negara.

Kenyataan Pancasila yang demikian ini disbeut kenyataan yang obyektif, yaitu bahwa kenyataan itu ada pada Pancasila sendiri terlepas dari sesuatu yang lain atau terlepas dari pengetahuan orang. Sehingga Pancasila sebagai suatu sistem filsafat bersifat khas dan berbeda dengan sistem-sistem filsafat yang lain misalnya: liberalisme, materialisme, komunisme, dan aliran filsafat yang lain.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

pancasila sebagai sistem filsafat (238), pancasila sebagai suatu sistem filsafat (54), pengertian pancasila sebagai suatu sistem (18), pancasila sebagai suatu sistem (17), sistem filsafat pancasila (15), ciri-ciri sistem filsafat pancasila (13), pengertian pancasila sebagai suatu sistem filsafat (11), ciri pancasila sebagai sistem filsafat (6), jelaskan pancasila sebagai suatu sistem (5), ciri ciri pancasila sebagai filsafat (5), sistem pancasila (4), ciri ciri pancasila sebagai suatu sistem filsafat (4), ciri ciri pancasila sebagai sistem filsafat (3), penjelasan pancasila sebagai suatu sistem (3), ciri ciri sistem filsafat pancasila (3), jelaskan bahwa pancasila yang terdiri dari sila sila merupakan suatu sistem filsafat (3), Ciri ciri sebagai sistem filsafat (3), sila pancasila yang saling berkaitan dan ketergantungan (3), ciri ciri pancasila sebagai suatu sistem (2), pancasila dapat dikatakan sebagai suatu sistem sila sila pancasila saling berhubungan dan saling ketergantungan apa yg dimaksud sistem itu (2), Jelaskan ciri ciri Pancasila sebagai sebuah filsafat (2), Pancasila sebagai suatu sisitem (2), ciri sistem menurut shore dan voich (2), sistim pancasila (2), pancasila sebagai sistem filsafat ciri sistem (2), 

5 Responses to “Pancasila Sebagai Suatu Sistem Filsafat”
  1. ima 22/10/2011
  2. Pingback: Pengertian Ideologi | Ino Putro 09/09/2011
  3. BagiBagiBlog 03/06/2011

Leave a Reply