Pokok Bahasan : Pengenalan Perangkat Komputer dan Sistem Pengolahan Data Elektronik
Sub Pokok Bahasan : Konsep dasar komputer – Hardware – Software – Brainware
Tujuan dan Sasaran : Peserta didik mengenal dan memahami konsep dasar komputerdan Sistem Pengolahan Data Elektronik.
Tugas : Peserta didik mencari sejarah terciptanya komputer.

Selamat datang pada materi kelas Teknisi dan Trouble Shooting. Materi ini adalah materi pertemuan pertama kita dikelas. Semua materi tentang teknisi dan trouble shooting bisa kalian dapatkan di worksheet kalian masing-masing. Sedangkan materi yang diposting di siputro.com ini bersifat pelengkap dan sebagai media interaksi selama kita melakukan kegiatan belajar mengajar. Jika terdapat hal yang kurang jelas atau belum dimengerti silahkan melakukan komentar pada kotak komentar yang telah disediakan atau bisa menanyakan langsung kepada Instruktur. Selamat belajar.

Konsep Dasar Komputer

Komputer awalnya hanyalah merupakan sebuah mesin hitung yang memudahkan manusia untuk melakukan perhitungan aritmatika secara cepat dan lebih akurat. Namun dengan perkembangannya saat ini komputer telah menjadi sebuah rangkaian sistem yang menjalankan ribuan bahkan jutaan komponen di dalamnya untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu. Saat ini komputerisasi sangat erat hubungannya dengan kemajuan suatu negara. Semakin maju suatu negara maka pemanfaatan sistem komputer akan semakin mudah ditemui bahkan hingga di jalan-jalan. Komputer telah menjadi ilmu pengetahuan baru yang mampu meningkatkan kualitas hidup manusia.

Pada pertemuan pertama ini kita akan membahas tentang konsep dasar dari komputer. Secara umum konsep dasar komputer adalah meliputi input – proses – output. Ketiga tahapan ini juga yang nantinya akan membagi pembagian hardware komputer. Untuk lebih khususnya silahkan lihat bagan konsep dasar komputer dibawah ini.
konsep dasar komputer

Penjelasan:

  1. Input Device (Alat Masukan) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
  2. Output Device (Alat Keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
  3. I/O Ports adalah bagian yang digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
  4. CPU (Central Processing Unit), merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
  5. Memori, terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
  6. Data Bus adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
  7. Address Bus, digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
  8. Control Bus, digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 samapai 10 jalur paralel.

Sistem Pengolahan Data Elektronik

Sistem Pengolahan Data Elektronik atau yang biasa disingkat SPDE) adalah pengaplikasian alat-alat elektronik dalam aktifitas mengelola data yang dalam hal ini lebih difokuskan pada penggunaan komputer yang saat ini telah diaplikasikan di bayak bidang. Untuk bisa menggunakan SPDE ini maka kita harus memenuhi 3 syarat pokok yakni:

  1. Hardware (Perangkat Keras)
  2. Software  (Perangkat Lunak)
  3. Brainware (Sumber Daya Manusia)

Dengan adanya 3 syarat inilah baru kita bisa menggunakan sistem pengelolahan data elektronik. Hardware sebagai perangkat fisik dari perangkat elektronik yang kita gunakan sedangkan software menjadi alat yang digunakan untuk menjalankan fungsi dari hardware dan brainware adalah subjek yang menjalankan semua fungsi tersebut. Secara singkat kita akan membahasnya satu per satu.

contoh hardwareHardware

Hardware adalah perangkat komputer yang secara fisik bisa kita rasakan. Hardware akan menjadi media dimana kita bisa melakukan semua aktifitas dengan bantuan software. Semakin tinggi spek hardware yang kita gunakan maka akan semakin efisien pula pekerjaan yang kita lakukan.

Contoh: monitor, printer, CPU, keyboard dll.

contoh softwareSoftware

Software adalah alat yang digunakan untuk menjalankan fungsi hardware. Sebelum data diproses data terlebih dahulu dikelola oleh pengguna menggunakan bantuan software.Saat ini terdapat banyak penyedia software mulai yang bebas digunakan hingga yang harus membayar lisensi untuk menggunakan produknya.

Contoh: Ms. Office, Mozilla Firefox, Adobe Photoshop dll.

brainwareBrainware

Brainware adala subjek dari sistem pengelolaan data komputer. Semua yang bisa dilakukan oleh komputer tidak akan berguna tanpa ada manusia yang menjalankannya. Kemampuan dan pengetahuan di bidang komputer lah yang pada nantinya akan membedakan kulaitas SPDE. Termasuk salah satunya adalah misi Palcomtech dalam mencetak lulusan-lulusan handal yang nantinya bisa bersaing di dunia kerja khususnya yang mengandalkan SPDE.

Contoh: admin, analis, programmer, dll.

Tugas

Buatlah resume tentang sejarah terciptanya komputer berupa hardcopy dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. kertas A4
  2. spasi 1,5
  3. time news roman
  4. margin 4-4-2-2
  5. sertakan nama dan kelas
  6. minimal panjang artikel 1 lembar setengah
  7. di bagian akhir ceritakan apa yang menjadi motivasi anda untuk belajar di Palcomtech

Pada pertemuan selanjutnya kita akan membahas tentang Hardware dan Software.


Pernah menuliskan salah satunya?

pembagian konsep dasar komputer (1), sejarah Terciptanya Komputer (1),