Selamat Datang, ini adalah halaman khusus yang digunakan sebagai media belajar kelas PHP dan MYSQL. Pada kelas PHP dan MYSQL kita akan belajar bagaimana cara mengaplikasikan teknik pemrograman PHP yang dikolaborasikan dengan MYSQL untuk membuat sebuah website dengan fungsi tertentu. Untuk bisa optimal dalam menguasai teknik program PHP terlebih dahulu kita harus memahami teknik program website sederhana menggunakan HTML dan CSS

Pengertian PHP

PHP adalah singkatan PHP Hypertext Preprocessor yang berarti sebuah bahasa pemrograman komputer yang digunakan untuk membuat aplikasi website. PHP bisa digunakan untuk membuat sebuah website sederhana dengan fungsi tertentu. Dengan PHP kita juga bisa membuat sebuah website aplikasi yang dihubungkan dengan database seperti MYSQL.

PHP pertama kali ditemukan oleh Rasmus Lerdorf dimana PHP dulu adalah proyek pribadi yang dikembangkannya untuk membuat sebuah home page pribadi, dari sinilah dia mendapatkan nama PHP yang juga berarti Personal Home Pages. Selanjutnya Rasmus menulis ulang kode kode PHP menggunakan bahasa C.

Keuntungan  Menggunakan PHP adalah sebagai berikut :

  1. Umum digunakan sebagai bahasa pemrograman web sehingga PHP memiliki referensi yang banyak untuk digunakan.
  2. Bahasa pemrograman PHP tidak memerlukan kompilasi dalam penggunaanya.
  3. PHP dapat bekerja di banyak mesin yang terkenal saat ini seperti Linux, Unix, Macintosh, dan Windows.
  4. Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.

Melakukan Konfigurasi httpd.conf pada AppServ

Sebelum bisa menampilkan data PHP kita harus memastikan komputer yang kita gunakan telah terinstal sebagai web server. Untuk itu kita bisa menggunakan bantuan program aplikasi untuk membuat localhost dengan server lokal dan di sini aplikasi yang akan kita gunakan adalah AppServ.

Selanjutnya kita perlu melakukan konfigurasi httpd.conf agar komputer bisa mengeksekusi folder sebagai root localhost.

Langkah- langkah mengubah konfigurasi di httpd.conf adalah sebagai berikut :

  1. Buka Windows ExplorerLocal Disk C > Appserv.
  2. Buka ApacheConf.
  3. Pilih Httpd.conf > klik 2x httpd.conf.
  4. Klik select a program from a list installed programs> OK.
  5. Pilih Notepad.
  6. Setelah Notepad terbuka > tekan Ctrl + F > ketikdocumentroot> enter 2x.
  7. Ganti  “C:/appserv/www” menjadi  “D :/namafolder/php. Contoh  : documentroot “D :/rini/php.
  8. Find Next> ganti di <Directory “C:/appserv/www”> menjadi <“D :/namafolder/php”>.
  9. Kemudian lansung disimpan, pilihFile Save.
  10. Setelah itu bukaWindows Explorer > Local Disk D > buat nama folder yang sama dengan di Notepad > di dalam folder tersebut masukkan folder PHP.
  11. Copy httpd.conf diLocal Disk C > pindahkan  ke Local Disk D > buka folder yang kita buat > dan masukkan ke dalam folder PHP
  12. Langkah selanjutnya bukaStart Program Application Appserv Contor server by service > Restart, lalu ketik localhost (127.0.0.1 ) di browser

 

Contoh Website PHP-MYSQL:
contoh website dengan php