Pokok Bahasan : Keamanan Komputer dan Maintenance
Sub Pokok Bahasan : Jenis-Jenis Antivirus, Instalasi Antivirus, Instalasi Anti Spyware,  System Restore, Disk Defragmenter, Disk Clean Up
Tujuan dan Sasaran :  Peserta didik dapat menidentifikasi antivirus yang dibutuhkan dan menginstalnya pada computer. Serta dapat melakukan perawatan (Maintenance) pada komputer.
Tugas :  Peserta didik mencari jenis-jenis antivirus kemudian melakukan instalasi antivirus dan anti spyware pada komputer.

Disk Clean Up:

Disk clean up berfungsi untuk menghemat ruang hardisk serta menghapus data-data sampah pada harddisk (file, data pendukung setelah browsing dari internet, program-program yang tidak terpakai karena sisa uninstall program yang tidak lengkap dan lainnya)

  • Klik start – all program – accecories – system tool – disk cleanup
  • Pada jendela yg tmpil pilih drive yg akan di clean/bersihkan…misalnya drive c:, lalu ok…
  • Tunggu proses yg dilakukan untuk mengkalkulasi data2 yg akan di clean…
  • Pada jendela yang tampil beri tanda conteng yang mana saja yang akan di clean lalu ok, lalu delete files
  • Proses cleaning sedang berlangsung

Disk Defragmenter :

Disk Defragmenter mungkin sudah tidak asing lagi bagi pengguna komputer, tapi orang awam yang baru belajar mengenai komputer mungkin akan kedengaran aneh. Disk defragmenter sangat berguna bagi kesehatan hardisk Anda pada komputer Disk defragmenter adalah suatu program yang berinduk dari sistem operasi (OS) yang digunakan untuk menata ulang file dan folder Anda yang ada didalam komputer, jika Anda buka file apapun itu maka secara otomatis windows akan bekerja atau mengambil ruang secara otomatis dalam penempatan space atau jeda partisi dalam hardisk. Sederhanannya seperti ini, jika dilihat dari tata letak file dan folder kita dari  windows explorer pasti terlihat sangat rapi dan tidak ada yang berantakan. Tetapi sebenarnya didalam hardisk Anda tidak seperti itu, file yang Anda buka akan secara otomatis berpindah posisi dari posisi awal dan begitu seterusnya jika Anda membuka file-file yang baru lagi. Selain untuk menata file disk defragmenter ini juga berfungsi untuk menjaga kestabilan dan kondisi hardisk karena mampu mengakomodasi dan mem-fix kan boot sector dalam hardisk ataupun error program.

  • Klik start – all program – accecories – system tool – Disk Defragmenter
  • Pilih drive yang akan di defrag, lalu pilih defragment disk
  • Proses analisa terhdap disk akan dilakukan sampe 100%
  • Setelah analisa langusng dilanjut dgn defrag…lama waktu defrag tergantung besar data yg ada pada disk yg di defrag.

System Restore :

System Restore berfungsi untuk mengembalikan system komputer pada saat sebelumnya, bisa satu hari sebelum/ beberapa hari sebelum tergantung restore point (titik pengembaliannya)

  • Klik Start – all program – accecories – system tool – System Restore
  • Next, next, klik c:/system, finish, yes.

Virus komputer

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Cara kerja

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Jenis

Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut:

  • Worm – Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan – Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Backdoor – Hampir sama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware – Virus yang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue – merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rootkit – Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus – Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus – Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus ponsel – Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsa pengguna telepon seluler.

Pernah menuliskan salah satunya?

posisi antivirus dalam sistem keamanan (1),