Tips Usaha Budidaya Ternak Lele Untuk Pemula

Banyak cara yang mungkin bisa dilakukan untuk usaha budidaya ikan lele, namun banyak juga orang yang ragu dan bingung dalam melakukan usaha ini. Karena masih bingung dalam melakukan budidaya ikan lele, apakah mudah ataukah sulit.  Tapi sebenarnya itu tergantung bagaimana cara kita membudidayakannya. Kalau kita memilih cara dan teknik yang tepat maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam mengelola ikan lele, namun jika kita selau melakukan kesalahan dalam membudidayakannya maka kesulitan yang akan kita dapatkan. Padahal usaha ikan lele ini sangat menguntungkan untuk kita, dan peluang usaha ikan lele ini sangat besar dalam usaha. Karena ikan lele ini merupakan suatu bahan pokok yang banyak dicari konsumen di pasar.

tips-budidaya-ikan-lele-untuk-pemula

Beberapa persiapan dan tips yang harus dilakukan pemula dalam melakukan usaha budidaya ternak ikan lele yaitu:

Persiapan kolam

Dalam pembudidayaan ikan lele hal pertama yang harus dilakukan adalah persiapan kolam. Lele  juga membutuhkan medium untuk tempat hidup.  untuk pembuatan kolam lele, kita dapat membuat kolam dengan mudah dan dengan biaya harga yang murah yaitu kita bisa menggunakan kolam terpal sebagai penggunaan tempat hidup ikan lele. ukuran kolam dapat kita sesuaikan dengan keinginan kita sendiri tidak harus ditentukan, yang pasti tidak terlalu sempit atau terlalu besar.  Kolam lele juga harus ideal dan tepat dalam kontruksinya, kualitas air juga penting jadi harus dijaga kebersihannya dan dalam perawatannya juga harus benar dan tepat.

Baca lebih lanjut: Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal

Persiapan bibit dan jenis lele

Setelah anda sudah menyiapkan kolam untuk lele anda maka hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mempersiapkan bibit dan jenis lelenya. Bibit yang digunakan adalah bibit yang berkualitas baik, karena itu sangat penting dalam usaha budidaya ikan lele. pastikan bibit yang akan dijadikan budidaya lele ini terhindar dari penyakit atau cacat, warna dari bibit ini juga harus terlihat berkilau dan lincah. Untuk mendapatkan bibit lele yang berkualitas anda dapat memperolehnya dari petani lele sekitar rumah anda. Bibit lele yang berkualitas biasanya juga datang dari jenis yang berkualitas juga.

Baca lebih lanjut: Cara Pemijahan Ikan Lele Sangkuriang

Pemberian pakan yang berkualitas

Dalam usaha budidaya ikan lele hal yang penting dilakukan saat memulai suatu usaha adalah persiapan dalam pemberian pakan. Pemberian pakan ini berguna untuk pertumbuhan dan pembesaran dalam usaha ikan lele. kita jangan sampai salah dalam pemberian pakan ikan lele, karena jika kita sampai salah maka kita akan mengalami kerugian. Kita harus plih pakan yang berkualitas baik. Kualitas pakan ini juga bisa menunjang dalam pertumbuhan dan pembesaran ikan lele. semaikn banyak vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam pakan ikan lele maka semakin cepat pertumbuhan dan pembesaran yang dialami ikan lele. jadi perhatikan juga pakan dalam usaha budidaya ikan lele.

Baca lebih lanjut: Cara Membuat Pelet atau Pakan Ikan Lele Sangkuriang

Lakukan perawatan secara rutin dan benar

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah perawatan yang rutin dan benar pada ikan lele. Meskipun terlihat sepele namun hal ini biasanya sering kita abaikan, karena sering kita lupa dan malas untuk melakuknnya. Namun harus anda ketahui bahwa perawatan pada ikan lele itu penting karena dapat berdampak pada kualitas hasil panen nanti. Perawatan ini tidak hanya dilakukan pada ikan lele tetapi juga pada kolamnya juga. Karena jika ikannya bersih dan terhindar dari berbagai penyakit namun kolamnya kotor maka akan berpengaruh pada ikannya juga. Jadi perawatan yang baik dilakukan adalah perawatan yang dilakukan keduanya.


Pernah menuliskan salah satunya?

ternak lele pemula (3), Apa yang harus di perhatikan dalam usaha peternkan lele kolam terpal untuk pemula agar tidak salah memilih usaha dan tidak mengalami kerugian (1), ternaklele (1), ternak lele untuk pemula (1), saran jenis ukuran benih ikan lele untuk pemula (1), langkah pertama yang dilakukan untuk mulai usaha pembenihan lele (1), https://www siputro com/2016/11/tips-usaha-budidaya-ternak-lele-untuk-pemula/ (1), hal apa saja yang harus di lakukan ketika pertama akan ternak ikan lele (1), cara nengelola bibit terhindar dari penyakit (1), cara membuat kolam lele pake corel draw (1), budidaya ikan lele pemula (1), apakah ragu ternak lele ? (1), usaha ternak lele pemula (1), 

Leave a Reply