Pengertian Software dan Macam-Macam Software

Pokok Bahasan : Pengenalan Perangkat Komputer dan Sistem Pengolahan Data Elektronik
Sub Pokok Bahasan : Konsep dasar komputer – HardwareSoftware – Brainware
Tujuan dan Sasaran : Peserta didik mengenal dan memahami konsep dasar komputerdan Sistem Pengolahan Data Elektronik.
Tugas : Peserta didik mencari sejarah terciptanya komputer.

Pengertian Software Komputer

Software atau yang biasa juga kite kenal sebagai perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang digunakan di dalam sebuah komputer untuk menjalankan suatu fungsi tertentu. Tidak seperti hardware, software tidak bisa dirasakan secara fisik dan untuk melihatnya kita memerlukan bantuan hardware pendukung. Misalnya software olah data microsoft dapat kita lihat melalui monitor komputer, kita bisa membuka software tersebut dengan bantuan mouse dan kita bisa melakukan input data menggunakan bantuan keyboard. Dengan bantuan software kita bisa menjalankan berbagai macam aktifitas sesuai program software tersebut.

macam-macam-software

Macam-Macam Software Komputer Berdasarkan Pembagiannya

Software Premium (Berbayar)

Softaware premium adalah software yang untuk mendapatkannya kita harus mengeluarkan biaya karena memang software dibuat dengan tujuan komersil atau untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun telah memiliki lisensi kepemilikan software umumnya pengguna tidak diperkenankan untuk membagikan software tersebut. Bahkan beberapa software berbayar ada yang di program untuk hanya diguanakan pada 1 perangkat komputer saja.

Diantaranya beberapa software berbayar adalah software yang paling sering kita gunakan seperti microsoft office, photoshop, corel draw, autocad, dll.

Freeware

Freeware adalah perangkat lunak gratis yang bisa didapatkan secara gratis dan kita juga bisa membagikannya secara gratis. Namun meskipun gratis software-software freeware ini juga tetap mempertahankan hak ciptanya. Biasanya pengembang memperuntukan software freeware ini untuk digunakan oleh komunitas-komunitas.

Contoh software freeware yang bisa kita gunakan dan bagikan secara gratis adalah software browsher seperti mozilla firefox, google chrome, opera, dll.

Free Software

Free software adalah software yang dapat digunakan secara bebas namun tidak berarti software tersebut gratis karena free disini bukan berarti gratis melainkan bebas. Yang membedakan free software dengan freeware adalah jika freeware kita masih harus mematuhi beberapa peraturan yang ditentukan oleh pemilik hak cipta. Namun untuk free software kita memiliki kebebasan dalam mengembangkannya. Sebagai contoh free software adalah software penghitung mesin kasir. Kita bisa melakukan modifikasi beberapa fungsi agar sesuai dengan sistem kasir. Namun untuk mendapatkannya kita tetap harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan lisensinya.

Shareware

Shareware adalah perangkat lunak yang dibagikan dengan maksud sebagai demo untuk memperkenalkan sebuah software baru. Pengguna di bebaskan untuk menggunakan versi trial sebuah software yang biasanya diberikan jangka waktu tertentu, umumnya 30 hari. Namun setelah 30 hari pengguna diwajibkan untuk membayar atau membeli lisensi software jika ingin menikmati layanan software tersebut.


Pernah menuliskan salah satunya?

macam macam software (6), pengertian software dan macam-macam software (2), software adalah (2), macam-macam input software (1), pengertian dan macam macam software (1), pengertian macam macam software (1), 

Leave a Reply