Mengenal Konsep Dasar Komputer (Hardware-Software-Brainware)

Pokok Bahasan : Pengenalan Perangkat Komputer dan Sistem Pengolahan Data Elektronik
Sub Pokok Bahasan : Konsep dasar komputer – Hardware – Software – Brainware
Tujuan dan Sasaran : Peserta didik mengenal dan memahami konsep dasar komputerdan Sistem Pengolahan Data Elektronik.
Tugas : Peserta didik mencari sejarah terciptanya komputer.

Selamat datang pada materi kelas Teknisi dan Trouble Shooting. Materi ini adalah materi pertemuan pertama kita dikelas. Semua materi tentang teknisi dan trouble shooting bisa kalian dapatkan di worksheet kalian masing-masing. Sedangkan materi yang diposting di siputro.com ini bersifat pelengkap dan sebagai media interaksi selama kita melakukan kegiatan belajar mengajar. Jika terdapat hal yang kurang jelas atau belum dimengerti silahkan melakukan komentar pada kotak komentar yang telah disediakan atau bisa menanyakan langsung kepada Instruktur. Selamat belajar.

Konsep Dasar Komputer (Input – Proses – Output)

Komputer awalnya hanyalah merupakan sebuah mesin hitung yang memudahkan manusia untuk melakukan perhitungan aritmatika secara cepat dan lebih akurat. Namun dengan perkembangannya saat ini komputer telah menjadi sebuah rangkaian sistem yang menjalankan ribuan bahkan jutaan komponen di dalamnya untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu. Adapun konsep dasar yang selalu dimiliki di dalam komputer adalah adanya INPUT – PROSES – OUTPUT yang berkaitan erat dengan HARDWARE – SOFT WARE – BRAINWARE. Konsep dasar ini berlaku untuk semua jenis komputer karena komputer hanya dapat digunakan jika memiliki Input Device, Central Processing Unit, Output Device dan External Memory.

konsep dasar komputer

Alat Masukan (Input Device)

Input device adalah komponenn yang digunakan untuk melakukan masukan data tertentu ke dalam komputer untuk kemudian di proses. Input device ini berhubungan langsung dengan Brainware atau pengguna dari komputer. Berikut ini macam-macam input device:

  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Touchscreen
  4. Scanner OCR (mislanya untuk membaca jawaban UMPTN)
  5. Scanner Barcode (membaca kode bar misalnya di kasir supermarket)
  6. Sensor (misal pada robot)
  7. Camera
  8. Microphone

Central Processing Unit (CPU)

CPU adalah bagian terpenting dalam sebuah rangkaian komputer. Karena pada bagian CPU ini lah terdapat otak komputer yang bertugas memproses semua masukan atau input yang kemudian akan diterjemahkan dan selanjutnya akan ditampilkan melalui output device atau di simpan ke dalam memori. Selain itu, secara umum CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data seperti mencatat, melihat, membaca, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.

Alat Keluaran (Output Device)

Output device adalah alat yang digunakan untuk menampilkan hasil pengelolaan data input yang dilakukan oleh CPU. Data yang dikelola akan ditampilkan oleh output device sehingga user mengetahui hasil input yang dilakukannya. Tampilkan data yang dimaksud bisa berbentuk sebagai berikut:

  1. Tulisan (huruf, angka, karakter khusus, simbol lain)
  2. Image (grafik, gambar)
  3. Suara
  4. Bentuk yang dapat dibaca oleh mesin

Berikut ini daftar output device yang biasa kita temui:

  1. Monitor/ Screen/ Display
  2. Printer (dot matrix, inkjet, laser dll)
  3. Speaker
  4. Disk drive

 


Pernah menuliskan salah satunya?

dasar komputer (35), konsep dasar komputer (22), dasar dasar komputer (20), konsep komputer (15), https://www siputro com/2015/07/mengenal-konsep-dasar-komputer-hardware-software-brainware/ (11), pengenalan dasar komputer hardware dan software (11), Belajar konsep dasar komputer (11), konsep hardware (9), mengenal dasar komputer (7), konsep dasar hardware (6), mengenal dasar dasar komputer (5), Pelajari Konsep Dasar Komputer (5), pengenalan dasar komputer (5), gambar dan penjelasan konsep dasar komputer (5), konsep dasar software (4), belajar konsep awal komputer (4), konsep dasar ko (3), dasar belajar hardware dan software komputer (3), jelaskan dan gambarkan konsep dasar dari proses computer (3), konsep pengolahan hardware komputer (3), konsep dasar hardware komputer (3), pengenalan konsep dasar komputer (3), konsep dasar dari komputer (3), konsep dasar kom (3), konsep software (3), 

Leave a Reply