Cara Cerdas Kredit Mobil

Ketika kita ingin berpergian dengan santai namun tak ingin menggunakan kendaraan umum karena terlalu ramai, sempit, sumpek, panas, dan berbagai alasan lainnya, mungkin anda memerlukan mobil pribadi sebagai penunjang aktifitas anda. Jika anda merupakan seorang yang ingin santai dan tak ingin berdesak-desakan dalam segala hal apalagi menyangkut perjalanan yang memerlukan waktu yang lama untuk santai, maka mobi pribadi merupakan suatu pilihan yang baik. Kenapa harus mobil? Kenapa tidak kendaraan roda dua saja seperti motor? Alasannya begitu sederhana, jika anda tidak menyukai rasa panas atau mandi keringat ketika di perjalanan, maka andapun pasti tidak menyukai kendaraan beroda dua ini. berbeda halnya dengan mobil, selain dilengkapi dengan fasilitas penutup anti matahari (maksudnya ada atapnya, kan kalo motor bolong :D), mobil juga biasanya dilengkapi dengan AC sehingga anda tidak akan merasa kepanasan. Selain itu bagi anda yang sudah berkeluarga atau memiliki banyak saudara, tentunya memungkinkan membawa keluarga atau sanak saudara anda dengan mobil ketika berpergian.

kredit mobil

Bagi anda yang ingin memiliki mobil pribadi yang berfungsi sebagai teman perjalanan anda untuk berangkat kerja, ke luar kota, liburan, atau lainnya, namun anda tidak memiliki uang atau dana yang cukup untuk membeli secara langsung atau kontan, tentu metode kredit mobil menjadi salah satu jalan atau cara anda  untuk dapat memiliki jenis kendaraan roda empat ini. jika anda merupakan seorang yang berpenghasilan tetap, tentu kredit mobil ini dapat anda lakoni.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum anda mulai untuk membeli mobil baru seperti; pertimbangan kebutuhan apa untuk memiliki mobil (jenis mobil disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian mobil itu sendiri), dan pilih jenis metode pembayaran yang sesuai dengan anda (kredit atau cash, sesuaikan dengan jumlah keuangan anda jika dimungkinkan gunakan metode pembayaran cash). Jika anda memilih kredit dalam metode pembayaran, maka ada beberapa hal yang perlu anda cermati dalam memilih jenis kredit atau perusahaan mobil yang menjadi sasaran anda.

Jika anda ingin menggunakan metode pembayaran dengan kredit, pilihlah jenis perusahan yang kredibel dalam hal pembiayaan, carilah perusahaan dengan tingkat Bunga yang paling rendah, usahakan untuk mencari perusahaan yang dapat menerima asuransi jiwa untuk menutup kredit jika suatu waktu anda mengalami musibah kematian namun anda belum selesai membayar sisa kredit, terdapat asuransi all risk untuk kendaraan yang kita beli, selain itu hal penting lainnya yakni memiliki prosedur pengajuan yang sederhana. Untuk dapat mengajukan kredit ini tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi seperti foto copy KTP, kartu keluarga, slip gaji, beberapa perusahaan ada yang menambahkan syarat seperti foto copy buku tabungan 3 bulan terakhir. Dengan terpenuhinya syarat tersebut, biasanya pengajuan kredit yang kita ajukan dalam jangka waktu 2 – 3 hari sudah di-acc.

Berhati-hatilah jika anda menggunakan metode pembayaran kredit, karena anda harus dapat mengontrol dengan pasti jumlah biaya pengeluaran anda. Selain terdapat bunga yang terselip dalam kredit tiap bulannya, jika anda tidak dapat membayar kredit sesuai dengan tanggal yang ditetapkan, anda akan mendapatkan denda yang lumayan terasa keringnya bagi kantong anda. Usahakan jumlah biaya angsuran kredit mobil anda lebih besar dari sepertiga gaji anda. Karena dalam hidup biasanya akan terjadi hal-hal yang berada di luar dugaan, seperti kebutuhan yang berlebihan atau harus membayar lebih untuk suatu hal dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan menguras kantong anda, apalagi ditambah dengan biaya denda yang harus dibayar lantaran terlambat membayar angsuran. Jangan tergiur dengan tawaran dari sales untuk tukar tambah atau pergantian mobil, karena hal ini akan membuat cicilan kredit mobil anda lama kembali ke dalam kata ‘lunas’. Jika anda sudah selesai dengan kredit yang lama, barulah anda boleh untuk mengajukan kredit mobil yang baru yang sesuai dengan keinginan anda.

 

Sumber bacaan:

  • Kompasiana.com. Cara Cerdas dan Aman Mengambil Kredit Mobil.

 


Pernah menuliskan salah satunya?

kredit (1), kredit cerdas (1), 

Leave a Reply