Pengertian Mainboard dan Bagian-Bagiannya

Pokok Bahasan : Mainboard
Sub Pokok Bahasan : Komponen Mainboard
Tujuan dan Sasaran : Peserta didik mengenal dan memahami nama dan fungsi komponen-komponen pada Mainboard.
Tugas : Peserta didik menghafalkan komponen Mainboard dan mempresentasikannya.

Mainboard adalah induk dari sistem CPU. Semua part yang digunakan dibuat menjadi satu sistem dengan perantara mainboard. Mainboard berbentuk sebuah papan sirkuit elektronik yang terhubung satu sama lainnya. Di dalam main board atau motherboard atau yang sering disingkat dengan singkatan ‘mobo’ ini terdapat chip bios yang berfungsi sebagai program penggerak, jalur-jalur dan konektor yang digunakan sebagai penghubung bagian part lainnya seperti power supply, RAM, harddisk dan lainnya.

Melalui perantara mainboard ini semua aktifitas input yang dilakukan akan diproses terlebih dahulu masuk ke bagian processor dan kemudian diproses menjadi output ke konektor part yang berhubungan.

Berikut ini gambar mainboard beserta penjelasan fungsinya:

mainboard dan penjelasan

Penjelasan:

1. CPU Socket/soket processor

CPU socket adalah dudukan yang digunakan untuk menempatkan processor. Umumnya ada 2 jenis processor yang biasa digunakan oleh user yakni processor intel dan AMD. Keduanya berasal dari pabrikan yang berbeda dan memiliki jenis soket yang berbeda pula. Berikut ini jenis-jenis soket processor berdasarkan jumlah pin konektornya:

Soket Processor Intel

  1. Socket 370.
    Digunakan oleh processor intel : Pentium III, Celeron, Pentium IV, Celeron D, Pentium M, Pentium HT, Pentium IV Extreme Edition.
  2. Socket LGA 775
    Digunakan oleh processor intel : Pentium D, Celeron D, Pentium Extreme Edition, Core 2 duo, Core 2 extreme, Core 2 quad, Xion 3000 series.
  3. Socket LGA 1366
    Digunakan oleh processor intel : Core i7 705, Extreme Edition Core i7 940, Core i7 320

Soket Processor AMD

  1. Socket 704
    Processor yang Compatible : Athlon XP/Sempron
  2. Socket AM2
    Processor yang Compatible : Athlon XP
  3. Socket AM2+
    Processor yang Compatible : AM2+
  4. Socket A/46 2
    Processor yang Compatible : Athlon Thunderbird, Athlon XP/MP 3200t Duran, Sempron
  5. Socket 939
    Processor yang Compatible : Athlon 64 Geode
  6. Socket 940
    Processor yang Compatible : CPU of Theron

2. CPU fan and Heatsink

Soket atau dudukan yang digunakan untuk memasang fan heatsink atau kipas processor yang berfungsi untuk mengurangi panas processor. Jika kipas atau heatsink ini tidak berfungsi dengan baik maka komputer akan mati karena overheit.

3. ATX Power Connector

Adalah soket yang digunakan untuk menghubungkan motherboard ke power supply. Umumnya yang sering digunakan adalah konektor powersupply tipe ATX. Akan tetapi sebenarnya ada tipe konektor power supply yang ada yaitu AT (advance technology, 12 pin), ATX (advance technology extended, 20 pin) dan BTX (balanced technology extended, 24 pin).

4. DRAM Memory Slot

Adalah soket yang digunakan untuk memasang RAM atau random acces memory. Untuk meningkatkan performa biasanya dalam satu mainboard terdapat 2 hingga 4 slot RAm yang bisa digunakan untuk mengupgrade kapasitas RAM sehingga bisa digunakan untuk aktifitas yang lebih berat.

5. IDE Connector

Adalah soket yang berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan part yang bertipe IDE seperti harddisk, DVD Rom/CD Rom.

6. Nortbridge

Part yang berfungsi untuk mengatur jalur ke prosesor, Slot RAM, AGP Slot & PCI Slot.

7. AGP Slot

Slot yang digunakan untuk memasang VGA Card atau kartu grafis yang bisa meningkatkan performa tampilan pada monitor.

8. Southbridge

Berfungsi untuk sebagai control IDE atau harddisk drive DMA USB, & Inter Up.

9. PCI slot

Digunakan untuk add on atau fungsi tambahan pada CPU seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card, USB Card, Modem Internal, TV Tuner Internal.

10. CMOS Backup Battery

Part mainboard yang berfungsi sebagai penyimpanan settingan BIOS apabila komputer dimatikan.

11. Connector for Integrated Peripheral

Konektor tambahan yang digunakan untuk menghubungkan hardware yang berada diluar cassing CPU seperti monitor, speaker, keyboard, mouse, printer, LAN, dll.

port tambahan


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian mainboard (3), mainboard adalah (3), pengertian manboard (1), Pengertian mainbord dlm elektronika (1), pengertian mainboard connection (1), Bagian_bagiannya lup (1), mainboard cpu penjelasan (1), mainboa (1), main board penjelasan (1), pengertian software dan bagiannya (1), 

Leave a Reply