Cara Melakukan Sharing File Melalui Jaringan LAN

Pokok Bahasan : Praktek
Sub Pokok Bahasan : Fungsional jaringan
Tujuan dan Sasaran : Peserta didik dapat melakukan sharing file, remote desktop, Chatting Lokal (LAN Messanger)
Tugas : Praktek

Salah satu fungsi dari membuat sebuah jaringan LAN adalah mempermudah pengguna untuk saling melakukan sharing file. Jika komputer yang digunakan tidak berada dalam suatu jaringan maka jalan satu-satunya untuk memindahkan file adalah dengan menggunakan media penyimpanan eksternal seperti flashdisk, CD/DVD atau harddisk. Akan tetapi jika menggunakan jaringan semisal LAN maka kita bisa berbagi file atau sharing file dengan lebih mudah.

Sharing file menggunakan media kabel LAN merupakan salah satu cara yang sangat praktis untuk mengirimkan berkas atau dokumen dalam bentuk file. Selain akan lebih mempercepat pekerjaan sharing file melalui jaringan LAN lebih menghemat biaya karena tidak perlu mengeluarkan bandwith semisal menggunakan internet. Hanya saja jika menggunakan LAN sharing file lebih terbatas hanya pada komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan LAN itu saja.

Ada beberapa syarat yang diperlukan sebelum kita bisa membagi berkas atau dokumen, yaitu:

  1. Koneksi antar komputer, pastikan komputer yang akan anda gunakan untuk melakukan sharing telah terkoneksi satu sama lain dalam sebuah topologi jaringan baik itu menggunakan topologi peer to peer, topologi star, topologi tree atau topologi lainnya.
  2. Aktifasi permission share, hal ini penting karena walaupun komputer yang kita gunakan sudah saling tehubung jika folder atau file belum teraktifasi permission share-nya maka komputer lain tidak akan bisa membaca file yang di sharing.
  3. Pasword komputer tujuan, jika sistem password komputer tujuan masih diaktifkan maka ini akan menjadi syarat utama sebelum bisa melakukan sharing file dengan komputer tersebut.

Pada materi ini kita akan membahas dan memperaktikan bagaimana cara melakukan sharing file. Berikut ini langkah-langkah yang harus kita lakukan agar kita bisa melakukan sharing file menggunakan media jaringan LAN.

Cara melakukan sharing file :

  1. Pilih folder yang akan kita sharing
  2. Klik kanan, kemudian pilih Share with dan pilih Specific people.
    sharing file
  3. Selanjutnya akan muncul jendela File Sharing, klik tanda panah dan pilih “Everyone” kemudian klik Add.
  4. Ubah pilihan read menjadi read/write lalu klik Share pada bagian bawah.
     file sharing jaringan LAN
  5. Setelah beberapa saat maka akan muncul “File Sharing pilihan Done“, kemudian klik pilihan Done. Folder yang kita pilih pun telah berhasil di share.
note: hati-hati saat melakukan sharing file, merubah read menjadi read/write (langkah ke 4) itu berarti memberikan akses penuh pada komputer lain untuk membaca, mengedit, bahkan menghapus file yang ada di dalam folder tersebut.

Cara mengambil file yang sudah dibagikan atau dishare

Ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk mengambil file yang telah di sharing. Yang pertama adalah menggunakan IP address komputer tujuan dan yang kedua menggunakan nama komputer tujuan. Berikut ini langkah-langkah mengambil file yang sudah di sharing:

  1. Cari tahu terlebih dahulu IP address atau nama komputer tujuan.
  2. Masukan nama atau IP address pada kolom address dengan menambahkan tanda \\ pada bagian depan. Contoh: \\192.168.1.1 atau \\INS-202 (INS-202 adalah workgrup ruangan komputer yag telah memberikan hak akses share)
  3. Selanjutnya akan tampil folder yang telah di share, copy folder tersebut dengan ctrl+c atau klik kanan-copy.
  4. Paste foldere yang telah kita copy di tempat yang kita inginkan untuk membuat duplikat folder tanpa menghapus folder yang asli dengan ctrl+v atau klik kanan-paste.

Cara mengaktifkan Password Keamanan

Salah satu kelemahan dalam sistem sharing file menggunakan jaringan LAN adalah folder yang kita share akan bisa dilihat oleh semua komputer yang masih berada dalam satu jaringan. Bayangkan jika jaringan yang digunakan adalah jaringan publik seperti warnet atau perkantoran. Bisa saja ada pengguna lain yang iseng dan menghapus atau mengedit file yang kita sharing. Untuk mengatasinya kita bisa menambahkan pengamanan pada file yang kita sharing dengan mengaktifkan fitur password

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan password keamanan:

  1. Klik Start dan pilih control panel
  2. Pilih User Accounts.
  3. Klik “Create a password for your account”
  4. Pada Kolom 1 : masukkan password, Kolom 2 : ulangi password yang dibuat
  5. Setelah selesai klik create password pada bagian bawah

Password untuk komputer kita telah kita buat, selanjutnya kita harus mengaktifkan penggunaan password pada jaringan LAN. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik kanan logo network computer pada bagian kanan bawah dekstop komputer anda, pilih “Open Network and Sharing Center”, lalu pilih “Change Advanced sharing setting”.
  2. Carilah “Password Protected Sharing”.
  3. Pilih “Turn On Password Protected Sharing”, jika ingin memberikan keamanan pada saat share.
  4. Klik “Save Changes” dan kini jika ada komputer lain yang ingin mengakses file sharing dari komputer kita akan terlebih dahulu diminta password keamanan.

Pernah menuliskan salah satunya?

cara melakukan sharing file (13), cara sharing file (11), cara melakukan file sharing (8), cara sharing file dalam sebuah jaringan (4), cara melakukan sharing file pada komputer (3), macam macam cara sharing file (3), https://www siputro com/2015/06/cara-melakukan-sharing-file-melalui-jaringan-lan/ (3), Cara mengakses file dari komputer lain yang ada pada jaringan (2), Cara memindah file Di jaringan lan (2), cara melakukan sharing data atau file (2), cara melakukan sharing data (2), cara melakukan public share lewat lan (2), cara sharing file menggunakan ip address (2), cara melakukan file (2), cara melakukan copy file dalam 1 jaringan (2), cara melakukan copy file atau dokumen dalam 1 jaringan (2), cara melakukan akses data melalui jaringan komputer (2), cara mengirim file lewat lan pada pc (2), cara memindahkan file menggunakan lan (2), langkah melakukan sharing komputer (2), cara sharing jaringan LAN (2), cara berbagi file dengan komputer lain melalui jaringan yang sama (2), Mengakses file melalui LAN (2), cara share file ke komputer lain dari komputer utama (2), mengapa saat melakukan sharing pada data kita harus memberi nama folder tersebut (2), 

Leave a Reply