Mahasiswa, Belajar Atau Berbisnis?

Belajar merupakan hal yang wajar dilakukan oleh seorang mahasiswa. Telah menjadi kewajibannya sejak diterima masuk kedalam sebuah universitas untuk belajar demi mendapatkan gelar sarjana. Menjalankan rutinitas setiap hari mengikuti aturan yang ada di fakultasnya masing-masing semua dilakukan hingga menghabiskan waktu yang cukup lama. Minimal 3 tahun setengah untuk seorang mahasiswa menyelesaikan studinya. Wajar kah? Atau mubazir kah?

belajar atau bisnis

Kita memang tidak bisa lepas dari kenyataan dimana seorang mahasiswa memiliki kewajiban untuk belajar karena harus mempertanggung jawabkan status mahasiswanya terutama pada keluarga. Tidak menutup mata juga melihat dunia kerja di Indonesia yang masih sangat mementingkan status pendidikan. Ya, ijazah menjadi harga mati untuk menjadi seorang pegawai di sebuah instansi baik negeri maupun swasta. Skill? You know so well lah.

Namun yang harus kita ingat adalah waktu 3 tahun setengah minimal itu sebenarnya sudah sangat lama untuk diabaikan begitu saja. Toh, kita tidak menghabiskan hari-hari kita full untuk kuliah saja. Ide cerdas untuk emmanfaatkan waktu luang kita menjalankan beberapa bisnis kecil yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Kita bisa memanfaatkan skill yang kita miliki untuk membangun sebuah bisnis. Sebagai contoh jika anda merupakan salah satu mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan maka anda bisa membuat sebuah usaha les private untuk anak SD atau SMP. Selain mengasah pengetahuan, kita juga akan terbiasa menjadi seorang guru dan itu akan sangat bermanfaat nantinya.

Contoh lain jika kita seorang mahasiswa tekhnik sipil, kita bisa membuat sebuah usaha jasa desain secara online. Kita bisa menghasilkan uang sambil belajar mengikuti kebutuhan desain konsumen kita. Pengalaman membuat desain ini akan semakin mengasah kemampuan kita.

Yang terpenting sebenarnya dalam berbisnis bagi seorang mahasiswa adalah bagaimana manajemen waktu yang baik. Dan ingat kewajiban utama kita adalah untuk belajar dan menyelesaikan studi. Untuk itu belajar menjadi prioritas utama dan jangan sampai waktu luang kita terbuang sia-sia. Lebih lengkapnya bisa anda baca di tips sukses berbisnis untuk mahasiswa.

Well, belajar atau berbisnis? tentu saja belajar. Namun jangan pernah ragu untuk mencoba membuat sebuah bisnis. Semakin dini anda memulainya maka akan smakin banyak pengalaman yang anda dapatkan dan akan semakin dekat pula anda dengan kesuksesan.

Leave a Reply