Tips Memilih Antivirus yang Tepat

Virus adalah ancaman yang cukup menakutkan bagi para pengguna komputer. Sebab, serangan virus dapat membawa berbagai dampak buruk, mulai dari yang ringan seperti adanya tampilan-tampilan yang menganggu, hingga yang berat seperti rusaknya data-data penting. Itulah sebabnya, setiap pengguna komputer wajib melindungi komputernya dari serangan berbagai virus dengan cara menginstall software antivirus. Namun, karena antivirus yang ada saat ini sangat banyak, sebaiknya Anda memilih yang terbaik dan sesuai dengan  kebutuhan sehingga bisa mendapatkan manfaat optimal. Berikut adalah tips memilih antivirus yang tepat.

cara memilih antivirus komputer

Pilih antivirus yang ringan

Pilihlah antivirus yang ukurannya tidak terlalu besar. Makin besar ukuran antivirus, akan makin berat antivirus tersebut berjalan. Hal ini tentu akan mempengaruhi stabilitas komputer Anda.

Teliti dengan saksama

Telitilah dengan cermat apakah antivirus website memiliki plugin tambahan atau tidak. Plugin tambahan ini akan sangat berguna.

Perhatikan RTP mesin (Real Protector Time)

Perhatikan RTP mesin karena dengan mesin, antivirus akan melindungi komputer Anda dari serangan virus, malware, dan sebagainya yang terjadi secara tiba-tiba.

Pilih Antivirus yang dapat diperbarui secara online

Antivirus yang dapat diperbarui secara online akan memastikan bahwa Anda tidak perlu repot mencari update antivirus.

Sesuaikan dengan penggunaan komputer

Sesuaikan antivirus yang akan Anda gunakan dengan bagaimana Anda menggunakan komputer. Hal ini karena untuk suatu penggunaan komputer, ada jenis antivirus yang paling cocok. Misalnya, apakah Anda menggunakan komputer untuk bekerja, bermain game, atau menjelajah internet. Pilihlah antivirus yang terbaik sesuai dengan penggunaan komputer yang Anda lakukan.

Periksa sertifikasi dari lembaga penguji antivirus

Antivirus dengan sertifikasi dari lembaga-lembaga penguji antivirus dipastikan memiliki keandalan yang telah teruji. Antivirus yang layak dipertimbangkan harus terdaftar di lembaga penguji ternama, seperti AV-Comparatives, ICSA Labs, Checkmark, AV-Test, dan NSS Labs.

Itulah tips memiliha antivirus yang tepat. Penggunaan antivirus yang tepat dan memiliki kualitas terbaik akan memastikan bahwa tingkat pengamanan terhadap komputer Anda akan makin tinggi.

Leave a Reply