Cara Mengatasi Komputer yang Sering Restart Sendiri

Pernah Anda mengalami ketika tengah beraktivitas dengan komputer, tiba-tiba komputer Anda restart sendiri? Jika pernah, atau bahkan mungkin sering mengalami kejadian seperti ini, Anda tentu tahu betapa mengesalkan komputer yang restart sendiri. Anda terkejut, lalu kesal karena kehilangan sebagian data yang belum sempat Anda simpan. Hingga fokus Anda dalam bekerja pun menjadi buyar. Bagaimana cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri?

cara mengatasi komputer yang restart

Untuk mengatasi komputer yang sering restart sendiri, tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Oleh karena itu, penyebab komputer sering restart sendiri harus ditemukan agar cara mengatasinya yang tepat dapat dilakukan. Penyebab komputer sering restart sendiri dan cara mengatasinya, antara lain sebagai berikut.

Processor yang terlalu panas

Processor bisa menjadi terlalu panas suhunya karena berbagai penyebab, antara lain komputer bekerja sangat keras akibat banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, pemakaian yang terlalu lama, dan bertumpuknya debu di headsing pendingin. Jika ini yang menjadi penyebab komputer Anda sering restart sendiri, cara mengatasinya tentu harus disesuaikan dengan penyebabnya, misalnya mengurangi aplikasi yang Anda jalankan, meletakkannya komputer di tempat yang dingin, menggunakan kipas pendingin tambahan, atau membersihkan headsing pendingin dari tumpukan debu.

Terkena virus

Virus yang menyerang komputer tidak hanya dapat merusak data, tetapi juga bisa menurunkan kinerja komputer, salah satunya komputer menjadi sering restart sendiri. Hal ini karenavirus menyerang file system. Akibtanya, komputer tidak dapat menjalankan system dengan normal dan mengakibatkan restart setiap kali akan digunakan. Untuk mengatasinya, bersihkan komputer dari virus, lalu install software antivirus terbaik untuk melindungi komputer Anda.

Harddisk rusak

Ketika hardisk mengalami kerusakan, hal ini dapat mengakibatkan system tidak dapat membaca data, dan system akan restart. Untuk komputer yang sering restart sendiri akibat kerusakan pada  harddisk ini dapat dilakukan cara menggunakan aplikasi aplikasi recovery system untuk memperbaiki bad sector atau mengganti harddisk dengan yang baru.

Selain penyebab yang telah disebutkan di atas, masih banyak faktor lain yang menyebabkan komputer sering restart sendiri. Untuk menemukan cara mengatasi komputer yang sering restart sendiri, pastikan Anda menemukan penyababnya. Lalu, mengatasi masalah berdasarkan penyebabnya tersebut.


Pernah menuliskan salah satunya?

komputer belum panas sering restart (1), lapto sering etik sendiri (1), 

Leave a Reply