Cara Mengatasi Komputer yang Lemot

Komputer yang lemot atau lambat tentu sangat menjengkelkan. Masalah ini kerap kali bahkan membuat pengguna marah dan kehilangan mood untuk berkerja. Apa sebenarnya penyebab komputer menjadi lambat? Bagaimana cara mengatasi komputer yang lemot?

cara mengatasi komputer lemot

Penyebab komputer lemot dan cara mengatasinya, antara lain sebagai berikut.

Space memori yang minim

RAM yang kecil akan memperlambat kerja komputer, terutama jika digunakan untuk menjalankan program-program yang berat. Untuk mengatasi masalah ini, Anda tentu harus memperbesar memori secara virtual dan melakukan up grade memori pada komputer Anda.

Spesifikasi komputer tidak sesuai kebutuhan

Komputer Anda mungkin sudah bisa bekerja dengan baik ketika Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya umum. Namun, komputer tiba-tiba menjadi lemot ketika Anda gunakan untuk bermain game, membuka program-program grafis, atau menjalankan sistem operasi tertentu. Itu artinya, spesifikasi komputer Anda lebih rendah daripada yang dibutuhkan oleh aplikasi yang Anda gunakan. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menyesuaikan aplikasi yang akan Anda gunakan dengan spesifikasi komputer Anda. Atau, Anda dapat meng-up grade spesfikasi komputer Anda agar sesuai dengan aplikasi-aplikasi yang Anda jalankan.

Ada komponen komputer yang rusak

Kerusakan pada komponen komputer dapat memperlambat kinerja. Misalnya, kerusakan pada hardisk. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah Anda harus memastikan komponen mana yang rusak, kemudian menggantinya dengan yang baru.

Terlalu banyak program yang Anda install pada komputer Anda

Terlalu banyak software yang terinstall akan membuat komputer menjalankan banyak sekali program pada saat pertama kali dihidupkan. Hal ini dapat membuat komputer menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah ini sangat mudah, Anda tinggal menghapus program-program (uninstall) yang sekiranya tidak terlalu Anda perlukan.

Terkena virus

Serangan virus dapat memperlambat kinerja komputer. Agar tidak terserang virus, selalu up date antivirus yang Anda gunakan dan pilihlah software antivirus terbaik.

Itulah beberapa penyebab komputer menjadi menurun kinerjanya yang jika tidak kita atasi bisa menyebabkan komputer hang. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda tentu akan dapat mencari cara mengatasi komputer yang lemot ini.


Pernah menuliskan salah satunya?

cara untuk menyelesaikan pergerakan komputer menjadi lambat (1), cerpen rify nikah muda 2015 (1), 

Leave a Reply