Cara Mengatasi Komputer Hang

Komputer yang tiba-tiba hang, padahal kita tengah mengerjakan suatu pekerjaan yang penting dan mendesak, tentu menjadi gangguan yang sangat menjengkelkan. Komputer yang hang (not responding) membuat penyelesaian pekerjaan menjadi tertunda. Kita pun kerap kali menjadi kehilangan fokus dalam bekerja. Lalu, bagaimana cara mengatasi komputer hang? Berikut adalah beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi kompuer yang mendadak macet.

cara mengatasi komputer hang

  1. Jika terjadi hang pada aplikasi yang sedang Anda jalankan, untuk mengatasinya  tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan, dan akan muncul “WIDOWS TASK MANAGER”. Aplikasi yang sedang hang akan ditandai dengan status Not Responding, sedangkan aplikasi yang berjalan normal ditandai dengan status Running. Klik aplikasi yang berstatus not responding,lalu klik tombol END TASK.
  2. Jika proses end task tidak berhasil membuat komputer berjalan normal, lakukan restart komputer dengan cara menekan tombol reset pada chasing.

Kerap kali hang terjadi berulang-ulang. Setelah Anda berhasil mengatasi komputer hang dengan salah satu dari kedua cara di atas, sering kali komputer kembali menjadi hang. Jika komputer Anda sangat sering mengalami hang, sebaiknya Anda mencari penyebabnya, lalu mengatasi masalah ini sesuai dengan penyebabnya. Penyebab komputer menjadi hang, antara lain sebagai berikut.

RAM yang bermasalah

Salah satu penyebab RAM bermasalah adalah kaki atau soket tembaga yang kotor. Untuk mengatasinya, bersihkan soket dengan menggosoknya menggunakan penghapus pensil. Memori yang rusak atau kapasitasnya kurang juga dapat menyebabkan komputer menjadi sering hang. Jika ini yang terjadi, sebaiknya Anda menggantinya dengan yang baru.

Serangan virus

Virus dapat menimbulkan berbagai dampak pada komputer, salah satunya adalah komputer sering menjadi macet mendadak. Untuk mengatasinya masalah ini, bersihkan komputer Anda dari virus dan segera install software antivirus yang memiliki daya kerja yang terbaik.

Kerusakan pada power supply

Power Supply yang rusak dapat menyebabkan kinerja komputer melambat, komputer menjadi hang, dan beberapa peralatan USB tidak terdeteksi atau tidak berfungsi. Penyebab kerusakan pada power supply, antara lain suhu power supply yang panas dan debu yang menempel. Untuk mencegah kerusakan pada power supply dapat dilakukan dengan  menempatkan komputer yang memungkinkan sirkulasi udara power supply menjadi lancar dan membersihkan debu maksimal 2 bulan sekali.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan komputer menjadi hang. Oleh karena itu, untuk mengetahui cara mengatasi komputer hang dengan tepat, pastikan Anda mengetahui penyebabnya secara pasti.


Pernah menuliskan salah satunya?

komputer (2), komputer terjadi hank dan tidak bisa digunakan sebaiknya kita gunakan proses (2), 2 cara komputer mengalami hang (1), Cara apabila mengalami hank pada aplikasi (1), mengatasi hang pd komputer (1), 

Leave a Reply