Metode Pembelajaran Tematik Integratif

Kurikulum 2013 kini mulai diterapkan dibeberapa sekolah termasuk beberapa sekolah dasar yang umumnya berada di daerah perkotaan. Kurikulum 2013 ini sendiri sebenarnya memberikan tantangan pada dunia pendidikan kita untuk terus mengembangkan pendidikan menjadi lebih baik lagi. Terbukti dengan diintegrasikannya metode pembelajaran tematik integratif ke dalam kurikulum SD 2013 guru dituntut kebih kreatif lagi dalam membangun perangkat pembelajaran.

metode pembeljaran tematik introgatif kurikulum 2013

Metode pembelajaran tematik integratif adalah pendekatan pembelajaran yang menggabungkan atau mengintegrasikan berbagai macam mata pelajaran ke dalam sebuah tema yang telah ditentukan. Dengan harapan siswa dapat lebih luas dalam mengembangkan suatu materi atau masalah yang diberikan sesuai dengan kehidupannya sehari-hari. Pengintegrasian yang dimaksud dapat dilakukan dalam 3 cara yakni secara sikap (afektif) keterampilan (psikomotorik) dan pengetahuan (kognitif).

Sebagai contoh jika kita menggunakan tema bermain dilingkunganku, kita bisa mengintegrasikan matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alama untuk menggambarkan keadaan alam dan mengintegrasikan Ilmu pengetahuan Sosial untuk menggambarkan hubungan sosial masyarakat yang ada di lingkunganku seperti yang dimaksudkan tema. Dalam pembelajaran pun bisa dimasukkan materi Penjaskes dengan menceritakan pengalaman bermain sepak bola dilingkunganku. Kemudian perhitungan Matematika yang menggambarkan waktu bermain sepak bola dapat menjadi muatan materi Matematika. Begitu pula jika kita menghubungkan permainan sepak bola dengan Prestasi Timnas Indonesia yang bisa meningkatkan jiwa nasionalisme seperti yang diajarkan dalam PPKn. Mata pelajaran bahasa Indonesia tentu akan sangat mudah diterapkan pada berbagai topik yang disampaikan.

Dengan menggunakan metode pembelajaran tematik integratif ini pembelajaran tidak diberikan berdasarkan mata pelajaran tertentu melainkan dengan menghubungkan materi pelajaran yang satu dengan yang lainnya membentuk sebuah topik yang bisa di refleksi dengan lebih mudah oleh siswa sesuai program yang ada di dalam RPP SD.

Khusus untuk mata Palajaran IPA dan IPS dalam jenjang kelas I, II, dan III memiliki peran penting dalam mengikat suatu topik membentuk sebuah kesatuan. Karena berdasarkan teori psikologis siswa pada jenjang kelas I, II, dan III belum memiliki kemampuan untuk berpikir secara abstrak seperti siswa di jenjang kelas IV, V dan VI.

Dengan penerapan metode tematik integratif ini siswa dituntut untuk selalu aktif dalam kegiatan pembelajaran serta mengobservasi masalah yang diberikan sesuai tema. Untuk itu dalam kurikulum 2013 dilakukan penambahan jam pelajaran untuk lebih meluangkan guru dalam merefleksikan tema-tema yang telah dirancang. Untuk kelas I-III jika sebelumnya hanya belajar selama 26-28 jam dalam seminggu maka jam pelajaran kini bertambah menjadi 30-32 jam seminggu. Selanjutnya untuk kelas IV-VI yang pad awalnya hanya belajar selama 32 jam per minggu di sekolah bertambah menjadi 36 jam per minggu.


Pernah menuliskan salah satunya?

pembelajaran tematik integratif (4), metode pembelajaran tematik (3), metode pembelajaran tematik kurikulum 2013 (2), metode pembelajaran tematik integratif (2), tematik integratif adalah (1), pendekatan untuk pembelajaran tematik integratif (1), pembeljaran tematik integratif (1), metodologi pembelajaran tematik (1), metode tematik (1), metode pembelajran tematik integratif (1), apa hubungan tema bermain di lingkungan ku dengan mata pelajaran (1), metode pembelajaran aktif dalam tematik integratif (1), metode metode pembelajaran tematik (1), kurikulum tematik integratif (1), https://www siputro com/2014/04/metode-pembelajaran-tematik-integratif/ (1), contoh metode pembelaharan tematik integratif (1), tentang pembelajaran tenak integratif kurikulum 2013 (1), 

Leave a Reply