Cara Membuat RPP Kurikulum 2013 Terbaru

Lama rasanya tidak menulis lagi di blog ini. Karena kesibukan kuliah dan usaha yang saat ini tengah dijalani saya menyempatkan setidaknya untuk menulis beberapa artikel agar blog ini tidak mati suri. Kali ini  saya akan menuliskan artikel tentang cara membuat RPP kurikulum 2013 terbaru . Seperti kita ketahui saat ini pun masih banyak sekolah-sekolah yang belum menerapkan kurikulum 2013 ini karena masi terbatasnya pengetahuan tentang bagaimana RPP terbaru pada kurikulum 2013 ini dirancang.

Berikut ini format RPP kurikulum 2013 terbaru secara umum:

format rpp kurikulum 2013

 

Jika dilihat sekilas memang sepertinya RPP Kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan RPP sebelumnya. Hanya saja yang berbeda adalah muatan teknis pengajaran yang dituangkan dalam RPP 2013. Untuk lebih jelasnya berikut ini komponen-komponen yang ada dalam RPP 2013 terbaru:

  1. Identitas Mata Pelajaran (sekolah, kelas, matapelajaran, topik/sub bahasan)
  2. Kompetensi Dasar
  3. Indikator Pencapaian Kompetensi
  4. Tujuan pembelajaran
  5. Materi ajar
  6. Pengalokasi waktu
  7. Metode pembelajaran yang digunakan
  8. Kegiatan pembelajaran
  9. Penilaian hasil belajar (kisi-kisi dan soal)
  10. Sumber belajar

Jika kita sudah memahami komponen RPP di atas maka kita akan lebih mudah dalam menyusun RPP kurikulum 2013 terbaru. Secara umum RPP 2013 terbagi menjadi 3 bagian yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Berikut ini cara membuat RPP kurikulum 2013 terbaru yang baik dan benar:

Kegiatan Pendahuluan

  1. Motivasi, guru memberikan motivasi kepada anak tentang manfaat dari materi yang akan dipelajari
  2. Pemberian acuan, guru memberikan penjelasan tentang materi yang akan dipelajari secara garis besar, termasuk penjelasan mekanisme pembelajaran yang akan dilakukan

Kegiatan Inti

  1. Proses pembelajaran dilakukan dengan mengacu pada pencapaian kompetensi inti dan kompetensi dasar
  2. Proses pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik
  3. Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dilaksanakan melalui aktifitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.
  4. Guru memfasilitasi siswa dan membantu mengarahkan alur berpikir siswa sesuai dengan materi atau masalah yang diberikan.

Kegiatan Penutup

  1. Melakukan kesimpulan atau rangkuman materi yang dilakukan oleh siswa dengan diarahkan oleh guru
  2. Guru memberikan evaluasi harian atau dapat berupa pekerjaan rumah dan menjelaskan pokok pembelajaran selanjutnya secara singkat.

Bagaimana, tidak jauh berbeda dengan kurikulum berkarakter seperti yang sebelumnya kita buat kan? Hanya saja dalam kurikulum 2013 ini lebih mengacu pada proses pembelajaran yang meningkatkan aktifitas siswa. Dengan begitu siswa akan memiliki pengalaman belajar yang lebih baik. Untuk lebih jelasnya silahkan download RPP kurikulum 2013 terbaru di sini.


Pernah menuliskan salah satunya?

cara membuat rpp kurikulum 2013 (2), cara membuat rpp 2013 (1), cara membuat rpp kurikulum 2013 yang benar (1), cara membuat rpp kurnas 2013 (1), format teknik evaluasi PAUD kurikulum 2013 (1), 

Leave a Reply