Trik Mengambil Foto di Malam Hari

Trik Mengambil Foto di Malam Hari Рkamerasaku.com. Pencahayaan adalah musuh utama bagi para fotografer pemula seperti saya. Hasil selalu dirasa kurang maksimal jika dihadapkan dengan keadaan objek yang pencahayaannya kurang seperti di malam hari. Perlahan saya mencoba berbagai cara untuk memperbaiki kualitas foto yang saya ambil dengan DSLR kesayangan (karena cuma punya satu). Mungkin yang paling mudah adalah menggunakan flash. Tapi saya pribadi sangat tidak suka menggunakan flash standar karena menurut saya cahaya yang dihasilkan sebarannya tidak merata. Selain itu kualitas cahaya yang dikeluarkan cenderung merusak warna objek.

foto monas malam hari

Berikut ini beberapa seting atau cara yang saya gunakan untuk meningkatkan kualitas foto yang saya ambil di malam hari:

Pemilihan waktu yang tepat

Bukan berarti momen malam hari itu tidak baik digunakan untuk mengambil foto. Jika kita bisa memilih waktu yang tepat bisa jadi kita mendapatkan foto dengan efek yang lebih eksotis. Contohnya saat matahari terbenam atau saat terang bulan. Efek bintang akan menambah pesona foto yang kita dapatkan.

Mengatur ISO

Jika kita merasa penggunaan flash justru akan merusak kualitas foto yang akan diambil maka anda dapat mengatasinya dengan melakukan setting pada ISO. Penggunaan ISO tinggi akan membantu menerangkan foto yang kita ambil. Biasanya untuk di malam hari ISO yang baik digunakan adalah kisaran 1600 untuk pencahayaan lampu (dalam ruangan) hingga 3200 untuk pencahayaan lampu di luar ruangan.

Mengatur Shutter Speed

Untuk mengimbangi penggunaan ISO tinggi kita bisa menggunakan setting shutter speed untuk mendapatkan cahaya yang lebih baik. Hal ini dikarenakan biasanya jika kita menggunakan ISO tinggi maka biasanya banyak noise yang muncul. Untuk mengatasinya kita bisa menurunkan ISO dan mengimbanginya dengan menurunkan shutter speed.

Menggunakan Tripod

Masih untuk mengimbangi langkah sebelumnya, ketika kita menurunkan angka shutter speed maka salah-salah foto yang kita dapat malah akan menjadi blur karena shake yang terjadi saat kita memegang kamera. IS yang biasanya ada pada kamera atau lensa pun tidak akan begitu banyak membantu jika shutter speed yang kita pilih sangat rendah. Jalan keluarnya adalah dengan menggunakan tripod pada kamera kesayangan kita.

Melakukan teknik Bracketing

Pengaturan ISO atau shutter speed biasanya memang dilakukan dengan menggunakan ilmu kira-kira. Bahkan fotografer profesional pun tidak jarang yang harus melakukan testing terlebih dahulu sebelum benar-benar mengambil objek. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan teknik bracketing. Biasanya pada beberapa kamera ada settingan khusus untuk teknik ini. Namun untuk manual kita bisa melakukan teknik bracketing ini dengan menaikan satu tingkat atau menaikan satu tingkat dari seting yang telah kita lakukan.

Perbanyak Latihan

Seperti yang saya bahas diatas, fotograafer biasanya menggunakan ilmu kira-kira dalam menyesuaikan antara setting kamera dengan kondisi objek. Olehkarenanya perbanyak latihan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Pernah menuliskan salah satunya?

tips hunting di malam hari (2), hunting foto malam hari (2), cara foto pake dslr di monas (1), trik poto dimalam hari (1), trik mengambil foto di siang hari (1), trik foto bintang di malam hari (1), teknik hunting malam hari (1), setting foto monas malam hari (1), foto malam dengan nikon hasil maksimal (1), foto hunting malam hari (1), cara mengambil foto monas secara keseluruhan (1), cara hunting malam (1), trikfotolilindimalamhari (1), 

Leave a Reply