Tips Memilih Filter Lensa yang Tepat

Kalau sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang macam macam filter lensa, kali ini kita akan membahas lebih klanjut tentang bagaimana tips memilih filter lensa yang tepat. Seperti kita ketahui filter lensa bukan hanya digunakan untuk melindungi bagian lensa dari benda-benda asing, namun lebih dari itu filter lensa juga sangat membantu kita untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal. Tentu jika dalam penggunaannya kita bisa memilih filter lensa dengan tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih lensa filter yang tepat. Dan untuk memperjelas kami berikan sampel hasil penggunaan pada masing-masing filter lensa yang kami dapatkan dari beberapa sumber.

efek lensa polar

[www.photographyblogger.net]

Filter polarisasi (polarizing filter), filter ini biasanya digunakan saat melakukan potret objek yang reflektif. Dengan menggunakan filter ini akan membantu kita untuk mendapatkan langit yang lebih gelap dan menjenuhkan (saturate) warna foto, selain itu lensa polar juga berfungsi mengurangi silau pantulan permukaan air atau kaca sehingga langit yang cerah tidak akan mengganggu hasil foto yang kita ambil. [untuk lebih jelasnya lihat foto di atas]

penggunaan lensa UV

[www.buzzle.com]

Filter kabut UV (UV haze filter), filter kabut UV ini biasa digunakan sebagai penyaring multiguna. Artinya penggunaan filter ini lebih netral dan bisa digunakan untuk beberapa momen. Namun pada dasarnya filter kabut UV ini berfungsi untuk mengurangi kabut ketika kita memotret dengan objek jarak yang cukup jauh. Ketika memotret foto pemandangan lanskap misalnya, filter ini akan membantu kita untuk mendapatkan objek yang lebih jelas.

penggunaan lensa BW

[www.photo.net]

Filter hitam-putih (B&W) atau bisa disebut lensa sepia ini befungsi untuk mendapatkan foto hitam-putih atau sepia secara langsung. Tidak perlu melakukan setting ataupun editing dalam membuat foto hitam-putih karena kita bisa dengan mudah menggunakan filter sepia ini.

penggunaan filter soft focus

[adrienchan.wordpress.com]

Filter soft focus, biasa digunakan untuk mendapatkan foto dengan objek fokus yang lebih soft atau lebih halus. Biasanya filter ini digunakan untuk memotret objek perempuan. Dengan filter lensa ini kita bisa mengurangi kerutan kerutan di wajah, menghilangkan jerawat dan lebih meratakan warna kulit.

Demikianlah beberapa penggunaan filter lensa yang dapat kita gunakan dalam fotografi harian. Anda juga masih bisa menggunakan banyak pilihan filter lensa lain seperti lensa starburst untuk mendapatkan efek starburst. Yang terpenting sebelum menggunakan filter lensa adalah kita harus paham terlebih dahulu dasar-dasar setting DSLR seperti penggunaan ISO atau pengaturan shutter speed yang tepat karena saat kita menggunakan filter lensa biasanya kita memerlukan cahaya yang lebih dari sebelumnya. Teruslah belajar dan berlatih. Smoga bermanfaat.


Pernah menuliskan salah satunya?

filter efek starburst (2), jelaskan 3 tipe budaya politikbedasarkan orientasi politik (1), swbutkan dan jelaskan sumber hukum islam (1), tips memilih filter lensa uv (1), 

Leave a Reply