Perbedaan Lensa EF dan EF-S Pada Kamera Canon

Kali ini saya akan coba membahas perbedaan antara lensa EF dan EF-S pada kamera canon. Jika anda adalah salah satu pengguna DSLR/SLR canon tentu istilah ini tidaklah asing lagi ditelinga. Namun meskipun begitu banyak pengguna pemula yang masih belum mengerti perbedaan diantara keduanya karena memang secara fungsional kedua tipe lensa ini tidak berbeda jauh.

perbedaan ef dan ef-s

EF-S atau lengkapnya disebut electrofocus short back adalah tipe lensa yang didesain khusus untuk kamera DSLR APS-C atau non full frame canon. Untuk lensa ini diameternya lebih kecil jika dibandingkan dengan lensa tipe EF. Sesuai dengan namanya lensa tipe EF-s ini memiliki jarak yang cenderung lebih dekat antara lensa dengan sensor jika dibandingkan lensa EF. Karena khusus digunakan untuk kamera non full frame maka lensa ini tidak bisa digunakan untuk body full frame. Memang tetap bisa digunakan, hanya saja akan muncul frame hitam di tepi foto yang diambil.

Sedangkan lensa EF atau electrofocus adalah lensa yang didesain untuk kamera kamera full frame (EOS 5D Mark II/III, EOS 1D Mark). Namun tidak menutup kemungkinan jika anda mau menggunakannya untuk kamera APS-C. Lensa tipe ini memiliki diameter yang lebih besar dibandingkan dengan lensa EF-S, yakni 35mm.

Untuk membedakan body kamera mana yang menggunakan lensa EF atau EF-S, produsen canon telah berlaku bijak dengan memberikan ciri minor pada body kamera. Biasanya untuk kamera dengan lensa EF-S terdapat bintik putih di dekat pengunci lensa sedangkan untuk Lensa EF biasanya ditandai dengan bintik merah di body SLR.

Jad kesimpulannya jika anda ingin mencari lensa, maka yang perlu diperhatikan adalah tipe body yang anda miliki. Jika body yang anda gunakan berjenis full frame maka silahkan gunakan lensa EF. Namun jika body yang anda gunakan adalah tipe APS-C atau non full frame maka anda bisa menggunakan lensa berjenis EF ataupun EF-S.


Pernah menuliskan salah satunya?

perbedaan canon ef dan efs (2), perbedaan lensa tele dengan ef (2), bedanya lensa ef-s dengan ef (1), perbedaan lensa af dan ef (1), 

Leave a Reply