Tipe-Tipe Budaya Politik berdasarkan Sikap yang Ditunjukkan

Begitu pentingnya pengaruh budaya politik terhadap sistem politik dan bahkan kebijakan politik yang ditetapkan membuat kita harus belajar lebih banyak lagi memahami tentang budaya politik yang berkembang di dalam masyarakat. Salah satu yang perlu kita ketahui adalah tipe-tipe budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukkan. Mengapa berdasarkan sikap? Karena seseorang dianggap memiliki atau tidak memiliki jiwa kerja sama dapat diukur dengan meilhat bagaimana sikapnya terhadap orang lain.

Jika dilihat dari sikap yang ditunjukkan maka ada 2 tipe budaya politik, yakni budaya politik militan dan budaya politik toleransi. Selanjutnya kita akan membahas lebih rinci tentang budaya politik militan dan budaya politik toleransi.

Budaya Politik militan

Pada budaya politik militan tidaklah benar untuk memperkenankan perbedaan karena perbedaan dianggap sebagai usaha jahat yang cenderung menentang. Aturan yang telah diambil menjadi akan sangat sakral dan wajib untuk dipatuhi. oleh karenanya katika terjadi konflik atau krisis selalu dicari kambing hitam karena menurut politik militan aturan atau kebijakan yang diambil tidak pernah dan tidak mungkin salah.

Budaya Politik Toleransi

Budaya politik toleransi adalah budaya politik yang dianut oleh kaum idealis dimana budaya politik ini selalu membuka pintu peluang untuk saling bekerja sama. Perbedaan dianggap wajar dan sangat baik untuk saling menutupi kekurangan satu sama lain. Budaya politik toleransi adalah budaya politik yang ide pemikirannya berpusat pada masalah atau ide yang harus di nilai. Bukan berarti masyarakat tidak boleh kritis, budaya politik toleransi bahkan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mengkritik kebijakan yang diambil akan tetapi dengan sikap netral atau tanpa rasa curiga kebijakan diambil hanya untuk kepentingan perorangan atau kelompok penguasa saja. Budaya politik toleransi ini sangat cocok untuk diterapkan karena dianggap sesuai dengan konsepsi manusia sebagai makhluk sosial.

 

Tidak hanya sampai di sini, lebih lanjut jika kita melihat sikap yang ditnjukkan terhadap tradisi dan perubahan maka kita akan dihadapkan pada 2 tipe budaya politik yang lain, yakni budaya politik dengan sikap mental absolut dan mental akomodatif.

Budaya politik yang memiliki sikap mental absolut

Budaya politik dengan sikap mental absolut menekankan pada nilai-nilai dan kepercayaan yang bersifat absolut atau selalu dianggap sempurna sehingga tidak dapat dirubah. Hal ini berakibat dengan sikap budaya politik yang cenderung kaku dan sulit untuk menerima pembaharuan. Budaya politik absolut biasanya berasal dari tradisi yang kuat dan berjalan secara turun temurun. Sebagai salah satu contoh sikap budyaa politik absolut yang terjadi di indonesia adalah pengangkatan Sri Sultan Hamengkubuwono sebagai Gubernur D.I Yogyakarta. Karena masyarakat telah memiliki mental absolut mereka tetap mempercayakan kepemimpinan pada keturunan Sri Sultan Hamengkubuwono meskipun tetap menggunakan pemilu sebagai legalitasnya.

Budaya politik yang memiliki sikap mental akomodatif

Sikap mental akomodatif adalah kebalikan dari sikap mental absolut dimana pada sikap mental akomodatif ini dimungkinkan untuk menerima perubahan perubahan selagi hal ini dianggap sesuai dan tidak beertentangan dengan sistem nilai dan norma. Masyarakat dapat melepaskan dan memisahkan antara tradisi dengan budaya politik. tidak menutup kemungkinan dengan sikap akomodatif ini masyarakat kembali ke tradisi jika hal baru yang telah mereka coba tidak sesuai dengan tujuan yang ingin mereka capai.

 

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas tipe budaya politik lainnya dipandang dari sudut pandang yeng berbeda tentunya. Semoga bermanfaat.


Pernah menuliskan salah satunya?

tipe tipe budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukkan (164), budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukkan (78), tipe tipe budaya politik berdasarkan orientasi politik (74), tipe-tipe budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukkan (67), sebutkan klasifikasi budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukkan (39), tipe tipe budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukan (27), tipe budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukkan (26), berdasarkan sikap yang ditunjukkan tipe budaya politik dapat dibedakan menjadi (23), Tipe budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukan (21), tipe tipe budaya politik berdasarkan sikap yang di tunjukkan (21), tipe akomodatif adalah (20), Budaya politik militan (18), contoh budaya politik militan (17), budaya politik berdasarkan sikap (16), sebutkan dan jelaskan tipe budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukkan (15), tipe akomodatif (15), tipe tipe budaya politik berdasarkan sikap yang di tunjukan (13), sebutkan klasifikasi budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukan (13), sikap absolut (13), Tipe Tipe Budaya politik berdasarkan sikap (12), sebutkan dan jelaskan tipe budaya politik berdasarkan sikap yang ditunjukan (12), tipe tipe budaya politik berdasarkan sikap yg ditunjukkan (12), tipe budaya politik berdasarkan sikap yg ditunjukkan (11), contoh budaya politik toleransi (10), Tipe budaya politik berdasarkan sikap yang di tunjukan (10), 

Leave a Reply