Pengertian Syariat dan Fiqih [Lanjutan]

Pada postingan sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian hukum islam dengan berbagai kaidah-kaidah hukum termasuk dengan pembagian hukum syar’i lainnya seperti hukum wadhi. Pada artikel kali ini kita akan melanjutkan artikel sebelumnya dengan membahas tentang istilah hukum Islam lainnya yakni syariat dan fiqih.

Syariat

Istilah dalam hukum Islam selanjutnya yang akan kita bahas adalah syariat. Syariat sendiri secara harfiah berarti jalan menuju sumber mata air atau dapat dianalogikan syariat adalah jalan lurus yang harus dilalui oleh setiap muslim untuk mencapai tujuan akhirnya. Oleh karenanya di dalam syariah terkandung ketetapan-ketetapan Allah dan Rasul-Nya. Ketetapan-ketetapan tersebut bisa berupa anjuran (sunah), perintah (wajib) dan larangan (haram).

Jika dilihat pada segi ilmu hukum Islam, syariat adalah norma hukum dasar yang ditetapkan oleh Alloh yang wajib diikuti oleh setiap manusia yang mengaku dirinya adalah seorang muslim. Norma hukum dasar ini yang selanjutnya akan dijelaskan oleh Rasul-Nya secara lebih rinci. Dari sini dapat kita simpulkan jika syariat itu terdapat pada Alquran dan Alhadist. Dengan kata lain umat Islam tidak akan tersesat jika selalu berpedoman pada Alquran dan ALhadist.

Fiqih

Fiqih atau dalam bahasa arab fiqh berarti paham atau pengertian. Jika dilihat dalam sudut pandang hukum Islam fiqih adalah ilmu yang bertugas untuk menentukan dan menguraikan norma hukum dasar yang terkandung dalam Alquran dan Alhadist. Fiqih digunakan untuk memahami hukum yang terdapat pada Alquran dan alhadis untuk selanjutnya diterapkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

 

Dalam praktiknya biasanya kita sulit untuk membedakan mana syariat dan mana fiqih. Namu jika kita paham akan konsep maka kita tidak akan lagi sulit membedakan keduanya. Hubungan keduanya memang sangat erat dan tidak dapat dipisahkan dimana syariat adalah landasan fiqih sedangkan fiqih adalah pemahaman tentang syariat.


Pernah menuliskan salah satunya?

hubungan syariat dan fiqih (2), pengertian syariat dan fiqih (2), syariat dan fiqih (2), maksud a pengertiaan snyariat dan fiqih (1), pengertian syariah dan fiqih (1), pengrtian syariat dan fikih (1), 

Leave a Reply