Pengertian Budaya Politik

Politik adalah salah satu alat atau sarana bagi seseorang untuk mendapatkan kekuasaan. Meskipun begitu tak serta merta semua orang memiliki konsepsi yang sama tentang pengertian budaya politik. Lumrah adanya ketika ada yang pro dan ada yang kontra terhadap dunia politik terlebih ketika mereka telah melihat fakta di lapangan. Sikap pro dan kontra inilah yang kemudian menjadikan masyarakat terkelompok-kelompok hingga akhirnya muncul kecenderungan sekelompok masyarakat terhadap politik yang kemudian disebut budaya politik.

Pengertian budaya politik itu sendiri adalah sistem nilai dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyarakat, Budiyanto (2006:2). Sistem nilai dan keyakninana yang dimaksud bisa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor ekonomi dan pendidikan. Dengan mempelajari budaya politik maka dapat mempermudah kita untuk mendapatkan jawaban secara rasional mengapa sekelompok masyarakat menolak atau menerima nilai-nilai atau norma lain.

Untuk lebih memperjelas pemahaman kita tentang pengertian budaya politik berikut ini kami sajikan pengertian budaya politik menurut beberapa ahli:

Almond dan verba
Budaya politik sebagai sikap orientasi yang khas warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya, dan sikap warga negara terhadap peranan warga negara yang ada dalam sistem itu.

Rusadi Sumintapura
Budaya politik tidak lain merupakan pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadapa kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

Austin ranney
Budaya politik adalah seperangkat pandangan tentang politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama-sama; sebuah pola interaksi terhadap objek-objek politik.

Alan R. ball
Budaya politik adalah suatu susunan yang terdiri dari sikap, kepercayaan, emosi, dan nilai-nilai masyarakat yangberhubungan dengna sistem politik dan isu-isu politik.

Dengan memahami pengertian budaya politik di atas dapat kita ambil kesimpulan jika sikap warga negara terhadap sistem politik yang berjalan pada negara itu akan sangat mempengaruhi tuntutan, tanggapan, dan orientasinya terhadap sistem politik itu. Selain itu dengan memahami pengertian budaya politik kita akan dapat dengan mudah mengetahui alasan rasional mengapa sesorang atau kelompok masyarakat cenderung menunjukkan orientasi politik tertentu.

Semoga bermanfaat.


Pernah menuliskan salah satunya?

dengan memahami budaya lain maka kita akan (2), budaya politik adalah (1), 

Leave a Reply