Tips Dasar Dalam memotret Mesin

Kadangkala Anda sebagai fotografer mendapat klien dengan permintaan unik. Pada salah satu kesempatan rekan fotografer saya mendapatkan klien yang memintanya memotret mesin. Pemotretan ini akan menjadi bahan pembuatan katalog mesin buatannya.

Tips Dasar Dalam memotret Mesin

Memotret mesin ternyata tidak mudah, karena mesin memiliki beberapa detil yang perlu Anda ekspose. Pada sisi lain sebagai seorang awam, bisa jadi Anda cukup buta soal mesin dan segala tetek bengeknya. Jadi akhirnya Anda kesulitan dalam menjalankan sesi memotret mesin ini.

Nah, pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi informasi mengenai tips dasar dalam memotret mesin.

  1. Pahami Mesin dan fungsinya dengan detil
    Untuk setiap mesin yang akan Anda potret, mintakan informasi lengkap mengenai kegunaan dari mesin dan fungsi dari masing-masing tombol dalam mesin. Pastikan Anda benar-benar memahami mesin yang Anda hadapi.
  2. Pahami keinginan klien
    Ada klien yang meminta Anda sekedar mendapatkan foto mesin dari secara utuh demi menggambarkan keseluruhan bentuk mesin. Tapi ada pula klien yang tertarik membuat gamba lebih detil dan khusus seperti beberapa angle tambahan yang menggambarkan mesin lebih detil dan sudut pandang khusus.
  3. Perhatikan detil mesin
    Ketika Anda sudah di hadapan mesin, perhatikan dan kelilingi mesin untuk mendapatkan setiap detil dengan jelas. Anda bisa menemukan detil yang bisa menggambarkan keseluruhan mesin dan cari poin tertentu yang bisa menangkap bagian atau detil tertentu dari mesin yang bisa menjadi identifikasinya.
  4. Perhatikan logo atau kode mesin.
    Bila produk hasil memotret mesin kali ini akan menjadi katalog, maka perhatikan posisi logo atau kode mesin, Ekspose ini dengan tetap memperhatikan keseluruhan mesin.
  5. Manfaatkan waktu beroperasi
    Bila mesin ini sudah beroperasi, maka mengekspose mesin saat ini juga bisa menjadi ide segar dan efektif untuk pemasaran.Anda bisa menceritakan fungsi dan kelebihan mesin dengan foto yang Anda hasilkan. Gunakan set kecepatan tinggi bila mesin ini beroperasi dalam kecepatan tinggi. Gunakan pula set indoor karena biasanya ruangan cenderung kurang cahaya.
  6. Ekspose produk dari mesin
    Anda juga bisa mengekspose hasil dari pengoperasian mesin. Apa yang dihasilkan oleh mesin dan bagaimana bentuknya bisa memberikan klien Anda kemampuan menjelaskan fungsi mesin lebih baik.

Leave a Reply