Tips Dalam Melakukan Pemotretan Konser

Pada kesempatan lalu saya sudah membahas 5 tips awal dalam melakukan pemotretan konser, pada kesempatan ini saya akan melanjutkan informmasi tersebut untuk Anda. Bagi Anda penggemar music, mengabadikan kesempatan berharga ketika artis kesayangan Anda datang ke kota Anda tentu sangat prestisius. Karenanya saya akan memberi Anda tips lanjutan bagi Anda dalam pemotretan konser.

tips untuk memotret konser musik

Berikut ini adalah beberapa tips lanjutan dalam pemotretan konser.

  1. Gunakan ISO tinggi
    Meski objek Anda bermandikan cahaya, tapi posisi Anda berdiri biasanya cukup gelap, jadi untuk hasil optimal maksimalkan ISO. Lagipula kadang pencahayaan yang ada di panggung tidak memberi efek terang tapi justru memberi warna pada panggung, ambil efek warna tapi juga tetap tonjolkan objek Anda dengan meningkatkan ISO, setidaknya pada ISO 1000.
  2. Gunakan aperture berukuran besar
    Meski Anda harus memakai lensa dengan nilai aperture rendah, tapi set aperture cukup tinggi pada kisaran f/5 atau f/8. Set ini akan menekan kemampuan lensa menangkap cahaya berlebihan.
  3. Gunakan monopod
    Fungsi monopod mirip dengan tripod, hanya kakinya berjumlah satu. Anda harus menopang lensa berat DSLR Anda selama setidaknya 1 -2 jam atau bahkan lebih rasanya Anda bisa-bisa malah kram dibuatnya. Jadi sebaiknya gunakan alat ini untuk membantu anda membawa kamera berat Anda.
  4. Perhatikan momentum
    Pada saat konser Anda perlu memperhatikan dengan baik kapan saat yang tepat untuk mendapatkan momentum. Secara umum pemotretan konser memang mirip dengan memotret candid. Anda harus terus meletakan mata Anda pada lensa bidik dan tunggu saat yang tepat. Itu sebabnya Anda harus menggunakan lensa berkecepatan tinggi.
  5. Gunakan shutter speed cepat
    Pada saat ini kembali saya menekankan masalah kecepatan. Selain lensa cepat, gunakan shutter speed mode dalam kecepatan yang cukup tinggi. Sesuaikan dengan tema music dan gaya gerakan artis bersangkutan. Ada artis yang tidak terlalu banyak bergerak tapi ada pula artis yang santat agresif di panggung.  Perhatikan karakternya dan sesuaikan dengan shutter speed kamera Anda. Karena begitu momentum terjadi Anda harus segera bisa merekamnya dengan sempurna.

Leave a Reply