Pedoman Dalam Memilih Tripod Untuk Kamera Anda

Fungsi tripod sangat penting dalam fotografi. Ketika Anda menggunakan sederet lensa yang berat, ketika Anda menggunakan setting kamera dan lensa yang menyebabkannya rentan pada getaran, maka tripod bersifat wajib dan harus Anda gunakan atau foto yang Anda hasilkan akan buruk.

pedoman dalam memilih tripod untuk kamera anda

Masalahnya tidak mudah memilih tripod. Sangat banyak macam tripod di pasaran, hingga kadang cukup menyulitkan Anda untuk memutuskan. Ada sangat banyak merek dan model dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu Anda perlui memperhatikan 3 pedoman dasar ini dalam memilih tripod untuk kamera Anda.

  1. Berat tripod
    Berat tripod akan menentukan kemampuan tripod dalam menopang kamera. Tripod yang berat akan lebih kuat dan stabil meski harus menopang kamera besar DLSR. Tapi bila yang akan Anda gunakan hanya kamera poket atau kamera mirrorless yang cenderung kecil dan ringan, tidak mengapa Anda menggunakan tripod meja, tripod cliff atau tripod ringan lain.
    Pada sisi lain bila Anda akan melakukan pemotretan outdoor, rasanya membawa tripod berat bisa menjadi masalah tersendiri. Bawaan yang besar dan berat akan membatasi kemampuan Anda bergerak di out door. Beberapa merek tripod sudah memiliki kait pada sisi bawah tripod yang bisa Anda gunakan untuk menggantung tas dan lainnya. Gantungan ini bisa menjadi alternative untuk menjaga kestabilan tripod bila Anda menggunakan tripod ringan.
  2. Kaki tripod
    Kaki tripod juga memegang peranan penting dalam memilih tripod yang tepat. Kualitas bahan tripod yang kuat dan kokoh juga berperan dalam menentukan daya tahan tripod terhadap berat kamera. Biasanya tripod terbuat dari alumunium dan serat carbon. Bahan serat karbon lebih mahal karena tetap ringan meski cukup kuat.
    Selain faktor bahan, sistem kuncian dan bukaan kaki juga berpengaruh. Ada sangat banyak cara sistem kuncian mulai dari sistem putar hingga sistem sekrup, semuanya sama-sama baik, tapi cara putar kadang pada akhirnya akan longgar, sedang sistem sekrup biasanya lebih tahan lama. Bukaan kaki juga cukup penting menjadi pertimbangan. Pada tripod modern, Anda bisa menemukan tripod yang bisa Anda buka hingga rata dengan tanah dan memberi Anda sudut pemotretan rendah.
  3. Kepala tripod
    Dipasaran kepala tripod terbagi dalam 2 type, ball head dan 3 way. Dari sisi fleksibilitas sistem ball head memberi Anda keleluasaan  optimal untuk menentukan arah kamera, tapi untuk detil sudut, sistem 3 way akan memberikan Anda pergerakan spesifik secara lebih teratur.

Pernah menuliskan salah satunya?

kelebihan dan kekurangan tripod kaki putar (1), 

Leave a Reply