Bagaimana Mendapatkan Foto Bunga Yang Luar Biasa

Foto bunga adalah satu dari banyak foto natural yang banyak menjadi perhatian para fotografer, terutama fotografer pemula. KonsepĀ  utamanya adalah mengekspose bentuk, tekstur dan warna bunga yang menarik hingga tampil cemerlang dalam foto.

Bagaimana Mendapatkan Foto Bunga Yang Luar Biasa

Bagi Anda para profesional tidak ada yang sulit memotret bunga, tapi tidak berarti mudah sebenarnya, terutama bila Anda adalah seorang pemula. Kali ini saya akan mencoba mengutip salah satu informasi mengenai bagaimana cara mendapatkan foto bunga yang luar biasa, cemerlang dan indah.

  1. Temukan detil
    Setiap bunga memiliki detil yang menarik. Temukan itu dan jadikan titik bidikan Anda. Padankan dengan warna dan keseluruhan bentuk dari bunga.
  2. Jangan hanya satu foto
    Bila Anda kira mendapatkan foto bunga yang cemerlang sesederhana membidik, shutter dan jadiā€¦maka Anda perlu pikir ulang dua kali. Karena bisa jadi Anda melewatkan kesempatan berharga mendapatkan foto bunga yang luar biasa. Atur kamera Anda dalam banyak set, dan lakukan pemotretan dari beragam angle. Kadang geser sedikit saja bisa membuat Anda menemukan hasil yang lebih baik.
  3. Gunakan background gelap
    Bunga pada umumnya berwarna cerah dan terang, dengan aneka warna dan tekstur. Anda perlu background yang gelap dan blur untuk bisa menangkap detil ini.
  4. Padukan dalam cerita
    Sangat beruntung bila Anda menemukan sebuah objek bunga dengan seekor serangga hinggap di atasnya. Anda bisa mendapatkan foto bunga yang jauh lebih menarik dari sekedar foto bunga biasa. Anda juga bisa mengkombinasikan foto bunga Anda dengan cercah sinar matahari pagi, dedaunan dan bahkan seekor burung.
  5. Gunakan makro setting terbaik
    Secara umum memotret bunga menggunakan prinsip memotret makro. Maka gunakan makro setting Anda dan dapatkan foto bunga yang menarik. Gunakan lensa makro dan tripod untuk hasil terbaik, tapi makro setting pada fitur kamera juga bisa cukup mendukung hasil yang cemerlang dan tajam.
  6. Perhatikan angin
    Satu-satunya yang bisa membuat bunga incaran Anda bergerak adalah angin. Jadi perhatikan dengan baik arah angin, bila memungkinkan tutupi bunga agar tidak tertiup angin atau setidaknya tahan bunga agar tidak bergerak.

Leave a Reply