Trik Memotret Dunia Anak Dengan Mudah

Dunia anak, siapa yang tidak terpikat? Keceriaan, keluguan dan kelucuan mereka selalu muncul kapanpun dan dimanapun. Itulah yang selalu mampu membius seorang fotografer untuk terbujuk tanpa sadar untuk mencoba memotret dunia anak.

trik memotret dunia anak dengan mudah

Sayangnya, dunia anak memiliki karakter khusus yang kadang menyulitkan Anda ketika memotret. Aktivitas mereka cenderung cepat dan impulsif. Mereka bahkan tidak bisa Anda control, bisa jadi mereka mungkin belum bisa memahami instruksi Anda. Jadi bukan mereka yang mengikuti Anda, tapi mereka yang harus Anda kejar dan ikuti.

Memotret dunia anak serupa dengan sistem candid fotografi. Di sini Anda bukan menginstruksikan model untuk melakukan gaya tertentu. Tapi Anda yang harus menunggu kapan mereka bisa menampilakn sesuatu yang layak untuk Anda rekam. Tapi percayalah penantian Anda tidak akan sia-sia asal Anda mentaati beberapa trik berikut ini.

  1. Bersabar
    bila memotret candid saja sudah menuntut kesabaran, maka memotret dunia anak bisa 2 -3 kali lebih menuntut kesabaran Anda. Anak-anak memiliki keterbatasan karena ada beberapa di antara mereka yang tidak nyaman dengan orang asing atau memang tidak nyaman dengan kamera yang mengintai. Bila ini terjadi berinteraksilah dulu hingga terbangun kenyamanan. Lakukan pemotretan dengan perlahan dan berproses.
  2. Tetap siap
    Anak-anak sangat impulsive, spontan dan bergerak dalam kecepatan tinggi. Anda harus siap dengan kamera Anda. Kadang kala beberapa fotografer memilih tetap pasang mata baik-baik di depan view finder sepanjang waktu sementara kamera sudah terset dengan tepat demi mendapatkan setiap momen yang tiba-tiba muncul.
  3. Posisikan kamera pada selevel dengan anak
    Mereka memiliki ukuran kecil, tentu Anda menyadarinya. Untuk mendapatkan sebuah foto yang hidup, Anda harus mendapatkan fokus pada matanya. Posisi yang paling tepat untuk fokus pada mata adalah dengan meletakan kamera sejajar dengan mata. Selain itu posisi ini membuat Anda lebih mawas dengan aktivitas mereka.
  4. Biarkan mereka mengalir
    Memberi instruksi pada mereka kadang kala akan sia-sia. Entah karena mereka belum mengerti atau karena mereka memang tidak akan menghiraukannya. Biarkan mereka dengan keasyikan mereka dan kegiatan yang mereka sukai. Itu justru lebih baik dari pada Anda memberi instruksi dan mereka tidak nyaman. Beri ruang untuk mereka menentukan pose dan gaya mereka sadar atau tidak sadar.
  5. Pilih fokus dengan seksama
     Masalah besar dalam memotret dunia anak adalah aktivitas mereka yang cepat. Anda kerap kali kehilangan momen hanya karena tidak mudah meletakan fokus pada saat yang tepat. Tapi menentukan fokus dengan tergesa akan membuat foto Anda kurang tajam atau malah flat. Jadi berhati-hatilah dan perhatikan dengan seksama aktivitas anak untuk mendapatkan reaksi cepat ketika momen itu muncul.

Leave a Reply