Tips Untuk Memotret Konser Musik

Salah satu tantangan menarik dalam dunia fotografi adalah mendokumentasikan sebuah konser music dalam foto. Memotret konser bisa menjadi sangat menyulitkan karena di sini Anda berada pada posisi gelap sedang objek Anda justru hujan cahaya secara berlebihan dan bahkan dalam warna yang cukup mencolok.

tips untuk memotret konser musik

Bisa jadi saat Anda mengklik shutter, lampu sorot justru sedang mengarah pada Anda dan foto Anda gagal. Atau banjir cahaya di panggung juga bisa membuat foto Anda over light dan menghilangkan ketajaman gambar.

Karenanya pada kesempatan ini saya akan mencoba membahas mengenai tips dalam memotret konser, terutama konser music yang biasanya penuh dengan cahaya bergerak dan warna warni.

  1. Hindari Fash
    Objek Anda sudah banjir cahaya, justru efek pencahayaan yang jatuh pada objek bisa menjadi ekspose Anda. Jadi penggunaan flash sama sekali tidak Anda perlukan justru flash kadan dilarang karena bisa mengganggu konsentrasi.
  2. Gunakan lensa converter
    Membawa lensa tele atau lensa wide sungguhan ke dalam konser music yang padat? Rasanya Anda kurang bijak, salah-salah lensa Anda akan tersenggol dan jatuh. Lebih baik siapkan dua lensa converter wide dan tele. Tapi penggunakan tele dan wide cukup baik dalam memotret konser karena Anda bisa memotret close up artis dengan efektif sekaligus bisa memotret secara keseluruhan tampilan panggung.
  3. Pilih jarak dengan bijak
    mengingat peralatan Anda terbatas, maka sebaiknya pilih lokasi dengan bijak. Sebisa mungkin datang lebih awal sehingga Anda lebih leluasa memilih spot berdiri Anda. Posisi yang tepat jelas mempengaruhi hasil foto Anda.
  4. Gunakan lensa tercepat
    Pada acara music, biasanya lampu dan artis akan terus bergerak. Tanpa kamera yang cepat maka Anda akan kesulitan mengikuti gerakan ini. Bila Anda memiliki lensa dengan aperture di bawah f/2 maka gunakanlah, tapi bila yang Anda miliki hanya lensa f/2.8 tidak mengapa, karena setidaknya ini cukup mampu menterjemahkan kecepatan.
  5. Perhatikan lingkungan dan penonton
    Hiruk pikuk penonton yang meriah menyanyikan lagu atau kondisi lingkungan seperti kru bisa juga Anda angkat dalam foto Anda jadi jangan terpaku pada artis dan panggung

Pada tahap kedua saya akan mealanjutkan tips saya mengenai memotret konser, sementara demikian dulu informasi ini.

Leave a Reply