Tips Jitu Dalam Membuat Foto Hitam Putih

Meski kini warna dalam foto sudah bisa tampil dengan sangat baik, tidak berarti foto hitam putih ditinggalkan sepenuhnya. Pesona dari foto hitam putih yang unik dan dramatis adalah sesuatu yang tidak bisa Anda dapatkan dari foto warna apapun, sebaik apapun kualitas warna yang tampil.

Sayangnya, membuat foto hitam putih ternyata justru tidak sesederhana membuat foto warna. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila Anda membuat foto hitam putih. Pada kesempatan ini saya bermaksud berbagi informasi mengenai tips jitu dalam membuat foto hitam putih. Berikut ini adalah informasinya.

  1. Gunakan format RAW
    Format yang paling tepat dalam memotret foto hitam putih adalah RAW, meskipun Anda mengaktifkan mode hitam putih. Format RAW akan menjaga foto asli tetap berwarna. Karena justru warna yang Anda perlukan untuk mendapatkan hasil hitam putih yang lebih baik. Jadi bila kamera Anda tidak memiliki format RAW, maka tetaplah memotret dengan warna dan edit foto tersebut dalam hitam putih.
  2. Perhatikan Komposisi
    Komposisi adalah aspek paling penting dalam memotret foto hitam putih, karena hanya ada gradasi hitam dan putih yang bisa menjadi identitas setiap objek. Maka Anda perlu lebih cermat memilih objek, keseimbangan komposisi dan sumber cahaya. Jangan mengisi foto dengan terlalu banyak figure karena dalam foto hitam putih detil hanya bisa dikenali dari perbedaan gradasi. Selain itu komposisi cahaya dan sumber cahaya juga bepengaruh besar, karena secara spesifik foto hitam putih membutuhkan kekontrasan yang jelas antara sisi gelap dan terang dan cahaya yang cukup jelas menjadi signifikan di sini.
  3. Perhatikan Tekstur
    Sekali lagi saya ingatkan foto hitam putih hanya bisa mengidentifikasi detil termasuk tekstur dengan perbedaan gradasi hitam dan putih. Keterbatasan inilah yang mengharuskan Anda menemukan objek dengan detil yang cukup mampu diterjemahkan oleh warna gradasi hitam dan putih.
  4. Pakai ISO rendah
    Secara umum, Anda sebaiknya menggunakan ISO rendah dalam memotret, terutama ketika Anda berada di lokasi dengan kecukupan cahaya. Hal ini juga berlaku dalam foto hitam putih. ISO rendah mampu menangkap memberi efek yang baik dalam menangkap kekontrasan warna dan ini akan membuat efek hitam putih lebih efektif.
  5. Lakukan pada cahaya menengah
    Ketika Anda melakukan pemotretan outdoor, maka pilihlah waktu ketika sedang berawan, pagi hari di pukul 7 – 8  atau sore di pukul 4 -5 . Ketika itu, cahaya tidak terlalu berlebihan sehingga lebih baik dalam menciptakan kekontrasan warna dengan sempurna.

Leave a Reply