Spot Menarik Dalam Fotografi Makro Dari Alam

Dalam membuat foto alam, Anda bisa melakukan eksplorasi dengan beragam teknik. Mulai dari teknik wide, distorsi (dengan lensa fish eye) hingga teknik fotografi makro. Ada begitu banyak pesona di alam yang bisa Anda angkat dan abadikan dari beragam teknik ini.

spot menarik dalam fotografi makro dari alam

Salah satu yang akan saya coba angkat pada kesempatan ini adalah fotografi makro. Dalam penggunaan teknik ini dalan dunia alam, Anda bisa mengincar beragam bentuk dan pesona yang unik dan khas. Berikut adalah beberapa spot yang cukup menarik untuk menjadi objek fotografi makro.

  1. Serangga
    Ini adalah objek paling klasik dari fotografi makro di alam liar. Bentuknya yang detil dan kecil, dengan warna yang biasanya unik dan cantik memang sangat layak menjadi bidikan Anda. Setap serangga memiliki ciri khas masing-masing dari bentuk dan warnanya. Justru di sinilah Anda memanfaatkan kedetilan dan kekontrasan warnanya.
  2. Anomali air mikro
    Air secara luas selalu identik dengan aliran air. Tapi secara mikro Anda bisa menemukan pesona air ketika membentuk buliran, ketika menetes dan jatuh pada sebuah bidang. Pesona air mikro inilah yang kemudian Anda abadikan. Buliran air kerap kali memunculkan efek optikal sehingga sangat menarik untuk Anda bidik, sedang air menetes bisa menjadi sangat eksotis dan dramatis.
  3. Jaring laba-laba
    Jaring laba-laba ini sangat unik. Warnanya samar dan kadang kala tidak kentara. Anda perlu teknik makro yang mendalam untuk bisa mendapatkan figure jaring laba-laba dengan sempurna. Anda bisa menggabungkan jaring dengan bulirn air yang menempel pada jaring atau dengan laba-laba yang bersarang di dalamnya
  4. Flora
    Jika Anda kira pada daun, batang atau bunga tidak terdapat detil khusus yang bisa Anda ungkap dengan fotografi makro, maka Anda perlu mencoba mengamati lebih jauh dunia flora. Karena di balik rerumputan, daun-daun bertunas, batang kecoklatan, jamur yang berkecambah, hingga bunga-bunga bermekaran selalu terdapat detil estetis bisa Anda singkap dengan foto.
  5. Batu
    Siapa bilang fotografi makro di alam liar identik dengan makhluk hidup. Karena bahkan batu bisa jadi memunculkan detil indah yang layak Anda abadikan. Kadang kala karena gerusan alam batu bisa memunculkan bentuk yang menyerupai bentuk lain, wajah, binatang dan lainnya. Bentukan batu yang unik inilah yang bisa Anda eskpos dalam fotografi makro
  6. Anatomi
    Pada beberapa hewan dan juga manusia Anda bisa menemukan anatomi yang unik dan bisa Anda ekspose. Misalkan mata, tangan dari jenis kadal atau bulu dari binatan seperti ayam atau merak. Fotografi makro dari jenis ini mengekspose pesona dari perpaduan warna anatomi tubuh.

Leave a Reply