Mengenal Lebih Jauh Lensa Converter

Lensa converter bukan lensa yang Anda pasangkan langsung pada kamera. Karena lensa converter sebenarnya hanya berfungsi sebagai penambah nilai manfaat dari lensa yang sudah ada. Atau meningkatkan kemampuan dari lensa utama. Jadi posisi lensa converter justru Anda letakan pada ujung lensa utama.

mengenal lebih jauh lensa converter

Kelemahan utama dari pemakaian lensa converter adalah tingkat getaran yang lebih besar. Sambungan antara lensa utama dan lensa converter membuat getaran lebih besar. Jadi disini Anda sangat memerlukan tripod untuk meredam getaran.

Di lapangan ada cukup banyak jenis lensa converter dengan spesifikasi masing-masing dan pemanfaatan masing-masing. Dalam kesempatan ini saya akan mencoba mengulasnya untuk Anda. Jenis-jenis lensa converter adalah sebagai berikut :

  1. Lensa Macro Converter
    Lensa satu ini bersifat memaksimalkan fungsi macro dari lensa. Pada umumnya lebih sebagai penggandaan kemampuan macro dalam lensa yang sudah ada sehingga lebih mampu memaksimalkan pembesaran gambar. Yang jelas lensa macro converter yang harganya hanya sekitar 1 -2 juta ini lebih irit daripada lensa macro biasa yang mencapai angka 5 jutaan.
  2. Lensa Tele Converter
    Lensa converter satu ini lebih fokus pada meningkatkan range focal length efektif dari lensa utama. Biasanya fungsinya menggandakan focal length. Kalau lensa zoom Adna sudah 3x, maka dengan teleconverter 2x angka zoom akan meningkat menjadi 6x.Lensa ini sangat efektif dalam merekam foto candid, natural outdoor dan landscape dengan cara yang lebih irit. Yang jelas harga lensa tele converter berada pada kisaran 2-3 juta sedang lensa tele biasa bisa mencapai diatas 7 juta.
  3. Lensa Wide Converter
    Satu lagi lensa converter yang cukup sering dipakai para fotografer, lensa wide converter. Lensa ini memaksimalkan zoom out. Bila lensa utama Anda bisa melakukan zoom out hingga 50 mm, maka lensa wide converter 50x bisa memberi Anda zoom out hingga 250 mm.
  4. Lensa Fish Eye Converter
    Satu lagi lensa converter yang bisa menjadi pilihan Anda ketika ingin menciptakan efek fish eye pada lensa normal Anda. Yakni dengan lensa fish eye converter yang memberi Anda efek jarak dekat hingga 6mm sampai 10 mm.

Itu tadi 4 jenis lensa converter yang bisa menjadi pilihan untuk Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda.


Pernah menuliskan salah satunya?

jenis jenis converter lensa (1), jenis jenis lensa converter (1), mengenal tele converter (1), mngenal konferter kmera (1), 

Leave a Reply