Memotret Sarang Laba-laba Dengan Kamera Anda

Salah satu pesona unik dari foto alam liar adalah sarang laba-laba. Kerap kali bagian ini terabaikan, tapi Anda bisa menemukan sejuta keindahan yang bisa Anda ekspose untuk tampil dalam foto karya Anda. Tapi tidak mudah memotret sarang laba-laba. Ada banyak keterbatasan yang harus Anda siasati untuk sekedar memotret sarang laba-laba.

memotret sarang laba-laba

Kendala utama dari memotret sarang laba-laba adalah karena sarang laba-laba bersifat transparan, sangat tipis dalam warna putih yang tipis. Kadang kala Anda bahkan tidak menyadari kehadiran dari sarang laba-laba dihadapan Anda saking transparannya.

Tapi memotret sarang laba-laba bukan berarti sama sekali mustahil. Anda hanya perlu memahami kiat-kiat khususnya. Dan berikut ini adalah kiat khusus dalam memotret sarang laba-laba.

  1. Temukan background gelap
    sarang laba-laba selalu berwarna putih dan transparan. Karenanya warna pucat ini baru akan keluar dengan sempurna bila Anda menampilkannya pada background gelap.
  2. Gunakan aperture dalam angka kecil
    Aperture berkaitan dengan bukaan lensa. Pada aperture dengan angka kecil atau bukaan aperture yang besar, maka Anda bisa lebih fokus pada tampilan sarang laba-laba yang dekat
  3. Set makro
    memotret sarang laba-laba adalah bagian dari fotografi makro. Jadi set pada manual focus dan fokuskan secara optimal pada jaring dari sarang laba-laba. Gunakan zoom secara optimal untuk mendapatkan gambar jaring yang sedekat dan sedetil mungkin.
  4. Gunakan percikan air atau embun
    Ambil foto dari sarang laba-laba yang tampak berembun. Efek air yang melekat pada jaring justru menjadi efek khusus yang menghidupkan  gambar. Selain itu keberadaan air juga menimbulkan efek 3 dimensi. Kadang kala fotografer justru dengan sengaja memercikan air pada jaring untuk menimbulkan efek basah dan berembun.
  5. Gunakan tripod
    ketika menggunakan set makro dengan aperture kecil sudah pasti Anda harus menggunakan tripod. Ini tidak lagi bisa Anda tawar, karena pada set kamera semacam ini sedikit saja guncangan akan mengacaukan semua.

Bagaimana menurut Anda? Mudah kan untuk mencoba memotret sarang laba-laba?


Pernah menuliskan salah satunya?

laba laba autofocus (1), 

Leave a Reply