Memahami Mode Hybrid Autofokus Pada Kamera

Belakangan beberapa kamera modern sudah dilengkapi dengan beragam mode autofokus. Bagi Anda para pemula, istilah ragam autofokus seperti sekarang ini cukup memusingkan dan asing sama sekali. Apalagi teknologi ini terbilang anyar dalam industry kamera. Salah satu istilah yang belakangan muncul adalah Hybrid Autofokus.

memahami mode hybrid autofokus pada kamera

Apa yang dimaksud dengan Hybrid Autofokus?

Secara umum, autofokus terbagi dalam 2 mode dasar yakni continuous autofokus dan single autofokus. Pada beberapa waktu lalu saya pernah membahas secara sekilas mengenai kedua mode autofocus ini. Hybrid autofokus ini adalah sistem gabungan dari kedua mode autofokus ini.

Sebelum kita lanjutkan, Anda perlu memahami terlebih dulu apa itu mode autofokus, terutama single autofokus dan continuous autofokus., meski sudah pernah di bahas sebelumnya, saya akan mencoba untuk mereviewnya sedikit.

Secara sederhana, single autofokus adalah sistem autofokus atau fokus otomatis pada satu titik saja ketika objek diam. Secara otomatis, kamera akan mengambil fokus berdasar titik kontras atau berdasar tekstur dari objek.

Sedang pada continuous autofokus, Anda akan mendapatkan sistem pintar dari autofokus. Biasanya penggunaan mode ini digunakan pada objek bergerak.Kamera secara cerdas akan memperkirakan arah gerakan objek dan mengunci titik fokus yang didapat dari prediksi tadi. Meski tidak selalu 100 % akurat, tapi fungsi ini jelas sangat efektif bila Anda sedang melakukan pemotretan objek bergerak seperti mobil atau motor berjalan, orang berlari atau gerakan pemain olahraga.

Nah… sekarang kita bahas mengenai hybrid  autofokus. Dengan mode ini, lensa secara otomatis akan melakukan penguncian fokus berdasar kondisi objek. Bila objek diam secara otomatis hybrid autofokus akan menggunakan single autofokus. Sedang bila sedang berhadapan dengan objek bergerak, maka secara otomatis lensa akan melakukan penguncian dengan continuous autofokus.

Dengan penggunaan hybrid autofokus ini, Anda akan dimudahkan dalam melakukan pengambilan fokus saat pemotretan. Inilah kehebatan dari mode autofokus. Hanya saja tidak selamanya mode autofokus ini cukup mampu memberi Anda hasil yang sempurna. Karena kadang kala justru keberadaanya tidak mampu menangkap objek yang Anda targetkan sesuai harapan. Karenanya kadang kala Anda perlu melakukan mode manual fokus.


Pernah menuliskan salah satunya?

apa yg dimaksud dng sistem hybrid di kamera (1), hybrid autofokus (1), 

Leave a Reply