Berikut Cara Menggunakan Flash Pada Pemotretan Malam Hari

Malah hari identic dengan suasana gelap dengan cahaya minim. Kalaupun ada cahaya berasal dari lampu yang memiliki keterbatasan untuk mampu memberikan image yang cukup pada sensor kamera. Karenanya kemudian digunakanlah flash atau lampu tambahan.

berikut cara menggunakan flash pada pemotretan malam hari

Tidak mudah menggunakan flash. Salah-salah justru foto yang dihasilkan akan tampak flat dan over ekspose. Karenanya Anda perlu memahami dengan baik bagaimana cara tepat dalam menggunakan flash dan menghasilkan foto malam hari yang indah dan tajam.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi dalam memotret malam hari dengan menggunakan flash.

  1. Set Kamera Anda Terlebih Dahulu
    Set kamera Anda dalam set pemotretan malam. Baik set white balance, ISO dan aperture. Gunakan ISO 200 –  400 dengan aperture dalam angka kecil untuk memaksimalkan bukaan lensa. Dengan set ini daya serap lensa akan cahaya akan lebih optimal.
  2. Gunakan minimal satu Flash
    Untuk mendapatkan pencahayaan memadai, Anda harus menggunakan setidaknya 1 buah flash. Bila memungkinkan jangan Anda tembakan cahay flash dari arah depan secara frontal karena biasanya foto yang dihasilka justru terkesan flat, over bright dan over ekspose. Arahkan flash dari sisi depan ke samping sekitar 30o kemiringan.Arah ini akan membentuk bayangan pada hidung dan wajah sehingga membuat efek 3 dimensi pada foto.
  3. Perhatikan arah datang cahaya setempat
    Bisa jadi pada lokasi pemotretan sudah tersedia lampu taman, lampu kota atau sumber cahaya lain. Pastikan Anda mengetahui arah sumber cahaya dan warna dominan dari sumber cahaya. Anda perlu menyesuaikan warna flash dan arah flash dengan cahaya tadi untuk dapat membentuk efek 3 dimensi yang tepat. Kadang kala hal ini menuntut Anda untuk coba-coba.
  4. Gunakan 2 arah flash
    Akan lebih baik bila Anda memiliki 2 flash. Bisa dalam intensitas cahaya yang sama atau berbeda. Prinsipnya sama dengan bila terdapat sumber cahaya pada lokasi. 2 cahaya dari arah berlainan akan membentuk efek 3 dimensi dengan lebih baik dan tajam. Dua cahaya atau lebih dalam beragam intensitas akan membangun nuansa dalam foto dan inilah yang terbaik.

Pernah menuliskan salah satunya?

cara menggunakan flash pada malam hari (1), 

Leave a Reply