Bagaimana Mengatur Shutter Speed Dengan Tepat

Pada informasi sebelumnya saya sudah membahas mengenai shutter speed. Tapi bagi Anda yan pemula, tetap muncul pertanyaan, bagaimana cara tepat dalam menentukan angka shutter speed agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimana cara mengatur shutter speed?

Pada dasarnya dalam menentukan shutter speed, Anda bisa melakukan trial and error. Yakni ujicoba untuk mendapatkan angka shutter speed yang tepat. Tapi sebenarnya ada beberapa panduan dalam mengatur angka dalam shutter speed agar foto yang Anda hasilkan bisa sesuai dengan harapan Anda.

bagaimana mengatur shutter speed dengan tepat

Berikut ini adalah panduan dalam mengatur shutter speed.

  1. Pergerakan seperti apa yang ingin Anda rekam
    Bila Anda mengincar foto beku alias stop action, maka kunci utamanya adalah lambatkan kecepatan shutter speed sedang bila Anda ingin menangkap gambar blur dari suatu gerakan, maka gunakan shutter speed cepat. Jadi besaran dari shutter speed bergantung pada sebebrapa beku atau seberapa blur foto yang ingin Anda siapkan.
  2. Kecepatan gerakan yang akan Anda rekam
     Ketika Anda akan merekam objek bergerak, Anda perlu menyesuaikan besara shutter speed dengan kecepatan dari objek Anda dalam bergerak. Semakin cepat objek Anda, sementara Anda ingin mengambil foto stop action misalkan, maka Anda harus memaksimalkan angka dalam shutter speed sehingga shutter akan terbuka dengan sangat lama.
  3. Perhatikan Focal Length Lensa
    Lensa dengan focal length yang panjang, biasanya lebih rentan dengan getaran. Ini artinya Anda tidak bisa mengunakan shutter speed lambat. Karena keduanya akan sama-sama  bersifat rentan getaran sehingga hasil foto tajam akan lebih sulit Anda dapatkan.
  4. Ketersediaan Image Stabilizer
    Problem lain yang perlu menjadi perhatian Anda adalah keberadaan sistem Image Stabilizer. Fungsi dari Image Stabilizer ini adalah meredam getaran, jadi  meski kamera Anda harus bergetar karena proses shutter tidak akan banyak berpengaruh terhadap foto. Sayangnya tidak semua kamera memiliki Image Stabilizer yang baik sehingga Adna perlu memperhatikan kemampuan Image Stabilizer kamera Anda sebelum memutuskan menggunakan shutter speed dengan kecepatan lambat.

Begitulah beberapa panduan yang bisa menjadi dasar Anda dalam mengatur shutter speed. Anda hanya perlu memperbanyak latihan, karena dengan latihan Anda akan semakin mengenali karakter kamera Anda dan tentu saja mengenai kemampuan dari setiap kecepatan dalam shutter speed. Pada akhirnya mengatur shutter speed akan mudah saja bagi Anda.


Pernah menuliskan salah satunya?

cara mengatur shutter speed (1), 

Leave a Reply