Tips Fotografi mengabadikan Pesona Pelangi

Siapa yang bisa menyangkal akan pesona pelangi. Kemunculannya selalu mampu membius dan menciptakan rasa yang berbeda. Hingga banyak yang mengumpamakannya sebagai jalan menuju negeri bidadari dan peri, saking indahnya.

tips fotografi mengabadikan pesona pelangi

Tidak heran bila Anda kemudian tergoda untuk merekamnya dalam sebuah foto. Tapi mengabadikan pesona pelangi dalam foto bukan perkara mudah, pasalnya pelangi adalah sebuah objek yang tidak solid alias tembus pandang, bahkan cenderung samar. Jadi perlu teknik yang tepat untuk mampu memunculkannya dengan tepat di foto. Dan berikut ini adalah beberapa tips fotografi untuk memotret pesona pelangi.

  1. Perhatikan back ground
    Seperti dikatakan, pelangi memiliki sifat tembus pandang dan samar. Jadi Anda perlu memastikan back ground dari pelangi ini akan mampu menampakan pesona pergantian warna ini dengan sebaik mungkin. Latar yang juga penuh warna dan konture kadang bisa makin menyamarkan figur pelangi, meski tidak mutlak. Perhatikan posisi dua sisi dari garis horizontal, karena foto pelangi sudah pasti akan menghadirkan garis horizontal.
  2. Perhatikan komposisi pelangi
    kadang kala pelangi muncul dobel, atau muncul dalam warna lengkap. Masing-masing penampakan pelangi pasti memiliki point of interest khusus yang bisa Anda munculkan dalam foto. Ini akanĀ  menghasilkan foto yang original.
  3. Perhatikan Komposisi gambar
    Letakan posisi pelangi secara tepat pada gambar sehingga semakin memunculkan pesonanya. Perhatikan keseimbangan gambar, point of interest, posisi pertemuan antara pelangi dan garis horizontal. Anda juga bisa mencoba penggunaan lensa yang efektif memaksimalkan gambar, misalkan lensa wide angle.
  4. Gunakan Polarizing filter
    Polarizing filter ini akan membantu Anda menemukan perubahan kekontrasan, warna dan pencahayaan yang bisa memaksimalkan penampakan pelangi pada foto Anda.
  5. Gunakan Aperture kecil
    Aperture kecil akan memberi Anda kecukupan cahaya ketika memotret pelangi. Karena biasanya pelangi muncul pada saat langit mendung pasca hujan dengan cahaya sedikit redup. Dan lagi-lagi pelangi memiliki sifat samar, jadi Anda perlu menyerap cahaya secara optimal untuk bisa memunculkannya pada foto.
  6. Gunakan Infinity
    Lepaskan auto fokus Anda dan gunakan manually fokus. Letak pelangi sudah pasti jauh dari jangkauan auto fokus dan kadang kala karena warnanya yang samar, auto fokus tidak mampu menjadikannya fokus dari foto. Justru gunakan infinity mode untuk memaksimalkan fokus Anda.
  7. Gunakan Tripod
    menggunakan infinity mode dan aperture kecil jelas akan membuat kamera sensitive terhadap getaran. Jadi satu-satunya cara adalah dengan menggunakan tripod.

Sekarang tinggal Anda praktekkan tips fotografi berikut tadi ketika pelangi muncul dihadapan Anda.

Leave a Reply