Prinsip Komposisi Foto, Rule of third

Bila membuat komposisi dalam foto adalah sesuatu yang sulit Anda pahami dan praktekan, mungkin artikel ini bisa membantu kesulitan Anda. Pada dasarnya, artikel ini akan memperkenalkan salah satau prinsip populer dalam mengatur komposisi foto, yakni rule of third.

prinsip komposisi foto rule of third

Pada dasarnya, dalam membuat fokus pada foto, Anda perlu membagi foto dalam 9 bidang imaginer. Bagi foto dalam 3 bagian simetris secara horizontal dan 3 bagian simetris lagi secara vertical. Sehingga gambar akan terbagi dalam 9 potongan.

Nah disinilah fokus akan bekerja, yakni pada 9 bagian tadi. Sudah pasti Anda tidak akan mendapatkan 9 bagian ini pada view finder Anda, jadi imajinasikan 9 bagian ini dalam benak Anda ketika Anda sedang membidik sasaran Anda.

Berikut ini adalah contoh penggambaran dari pembagian garis imaginer tersebut dalam foto.

Nah… pada foto ini jelas terlihat terdapat 4 garis utama yang membujur dan melintang dari tiap sisi foto. Keberadaan garis inilah yang akan memandu Anda alam meletakan fokus Anda. Fokus sebaiknya berada pada kisaran sekitar titik pertemuan garis. Posisi pertemuan ini akan menciptakan foto yang natural, seimbang dan dinamis ketimbang posisi center yang kerap kali lebih terasa kaku dan tidak seimbang.

Yang perlu Anda perhatikan  di sini adalah point of interest dari foto  dan titik fokus utama dari foto. Gunakan keberadaan titik ini sebagai point untuk meletakan titik fokus dan memunculkan point of interest dari objek.

Karena tidak ada garis ini pada tampilan viewfinder, maka Anda perlu berlatih untuk bisa mendapatkan foto dengan komposisi sempurna hanya dengan mengandalkan daya imajinasi Anda. Bila Anda sudah mampu menguasai teknik ini, maka coba untuk melakukan pemotretan dengan mengabaikan rule of third ini dan lihat hasilnya.

Tidak ada yang mengatakan rule of third adalah yang paling baik. Anda bukannya lantas menjadi tidak bisa memotret tanpa rule of third. Karena rule of third sendiri tidak selamanya tepat Anda praktekan dalam pemotretan.Adakalanya Anda perlu break the rule demi menghasilkan foto yang tepat dan sempurna. Dan hanya Anda si fotografi yang tau kapan sebaiknya Anda menggunakan rule of third dan kapan mengabaikannya.


Pernah menuliskan salah satunya?

menggunakan rule of third apakah ada di viewfinder (1), poto poto salah pokus yang susah di pahami (1), prinsip komposisi (1), Prinsip “Rule Of Third” (1), 

Leave a Reply