Mengabadikan Pesona Curug Cikaso

Sebuah kesempatan berharga bila Anda bisa menemukan sebuah pesona alam selayaknya surga tersembunyi, mungkin dibalik bentangan curamnya tebing-tebing menjulang atau lebatnya hutan tropis. Salah satunya adalah pesona alam curug Cikaso yang berada dibalik perbukitan curam Surade Sukabumi.

pesona curug cikaso

Yang paling memuaskan lagi adalah berkesempatan untuk mengabadikan semua pesona indah ini dalam foto yang akan menjadi kenangan indah perjalanan Anda di masa datang. Luar biasa kan? Karenanya kali ini saya akan menguak pesona dari curug Cikaso dari sisi fotografi untuk menjadi referensi Anda para pecinta fotografi traveling.

Curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun. Lokasinya yang tersembunyi di desa Cibitung, Surade Sukabumi membuatnya hanya populer dikalangan para adventurer. Pasalnya untuk menuju lokasi memang sedikit perlu perjuangan. Dari kota Sukabumi Anda masih harus menempuh perjalanan menuju desa Curade sekitar 12 km. Setiba di desa Surade, Anda akan menempuh perjalanan air dengan rakit  berdaya tamping sekitar 10 orang dengan tariff Rp 80 ribu.

Perjalanan singkat Anda diatas rakit bukan sebuah kesempatan sia-sia. Anda bisa mencuri beberapa foto indah mengabadikan jajaran bukit menghijau, sawah menghampar dan riakan sungai yang menggoyang rakit Anda. Bahkan mungkin mencuri foto bapak pendayung rakit Anda.

Usai mengarungi sungai Cikaso sekitar 10 menit,  Anda masih harus sedikit berjalan kaki menembus hutan dan perbukitan terjal.  Dan Anda akan tiba di hadapan serangkaian air terjun yang sangat memepesona Curug Cikaso.

3 buah air terjun, curug Asepan, curug Meong dan curug Aki, menyeruak dari balik tebing setinggi 80 meter. Jatuh pada sebuah telaga kebiruan yang ngat cantik. Inilah yang akan menjadi objek perburuan foto Anda.  Karena disini Anda akan menemukan pesona surga tersembunyi yang sangat layak Anda rekam dan disini Anda bisa mempraktekan ilmu fotografi adventure Anda.

Soal persenjataan, mengingat perjalanan yang termasuk tidak mudah, sebaiknya Anda menggunakan perangkat fotografi yang simpel dan mudah. Gunakan kamera yang tahan banting dan tahan air. Bawa lensa Wide Angle karena akan membantu Anda mendapatkan angle cantik untuk merekam ketiga curug dari curug Cikaso.

Leave a Reply