Memahami Sistem Pengaturan Auto Focus Pada Kamera DSLR

Auto Focus saat ini sudah menjadi salah satu fitur wajib bagi kamera DSLR. Bila dulu Anda harus memahami sistem manual fokus yang sedikit rumit. Sekarang Anda bisa melakukan fokus secara lebih efektif dan efisien selama semua syarat tersedia.

Apa saja syarat pemakaian Auto Focus?

Yang pasti adalah kecukupan cahaya, karena sebuah gambar dapat tergambar dengan baik secara optikal bila tersedia cahaya yang mampu memantulkan objek dengan sempurna pada sensor melalui lensa kamera Anda. Jadi Auto Focus tidak bisa bekerja optimal pada situasi minim cahaya.

Selain itu Auto Focus juga memiliki keterbatasan pada objek yang jaraknya masuk dalam range  jangkauan. Jadi bila objek berada di jarak yang terlalu jauh atau terlalu dekat dari lensa kamera, sudah pasti lensa tidak mampu menangkap gambar secara tajam bila Anda menggunakan Auto Focus, disini Anda harus menggunakan Manually Focus.

Secara umum Auto Focus terbagi dalam 2 type yaitu benda bergerak dan benda diam. Meski dalam perkembangannya kini tersedia Auto Focus Hybrid yang secara otomatis akan melakukan penyesuaian terhadap objek.

  1. Auto Focus Single Area / One Shot
    Di sini jelas maksudnya adalah fokus hanya pada 1 titik  saja. Secara otomatis lensa akan mencari kontras pada satu titik  saja. Jadi ketika Anda menekan setengah shutter, atau mengaktifkan AF-On (pada kamera yang tersedia), maka secara otomatis lensa akan mengunci fokusnya pada objek. Setelah fokus terkunci Anda bisa melanjutkan setengah shutter kemudian. Ketika objek bergerak, fokus lensa tidak bisa ikut bergerak secara otomatis.
  2. Auto Focus Continous /Al Servo
    Mode ini memiliki sifat Auto Focus yang dinamis, pada umumnya untuk memotret objek yang bergerak. Pada type ini kamera memiliki kemampuan untuk mengikuti pergerakan objek dan mampu memindah fokus secara otomatis sesuai pergerakan objek, jadi fokus seolah terkunci pada objek kemanapun pergerakan objek. Untuk mengaktifkannya juga dengan cara yang sama dengan ketika Anda mengaktifkan mode single area.
  3. Auto Focus Hybrid
    Mode ini menggabungkan kedua model Auto Focus, baik single area maupun Continous. Sistem ini memiliki kecerdasan sehingga bisa membedakan secara otomatis objek bergerak dan objek diam, serta secara otomatis menyesuaikan mode Auto Focus.

Pernah menuliskan salah satunya?

auto focus mengikuti otomatis (1), auto focus pada dslr (1), 

Leave a Reply