Memahami Manfaat penggunaan Lensa Hood

Bagi Anda yang pemula, biasanya mengenal aksesoris kamera hanyalah lensa, flash dan tripod. Padahal ada pula beberapa aksesoris yang tidak terlalu populer tapi sebenarnya cukup bermanfaat dalam pemotretan. Salah satunya adalah lensa hood.

memahami manfaat penggunaan lensa hood

Bila Anda asing sama sekali dengan lensa hood, maka Anda perlu coba mengingat bila Anda pernah melihat seorang fotografer profesional yang menggunakan kamera dengan lensa yang pada ujungnya memiliki semacam corong tambahan dengan warna pada umumnya hitam. Inilah lensa hood yang memang biasanya dipasang pada ujung lensa.

Fungsi dari lensa hood adalah pelindung cahaya bagi lensa. Bila Anda melakukan pemotretan outdoor, terutama pada saat sinar matahari sedang cukup terang, atau ketika Anda menggunaan flash maka lensa hood ini cukup penting Anda gunakan. Karena dengan lensa hood Anda bisa mencegah cahaya berlebihan masuk pada lensa dan merubah kekontrasan alami dari objek

Dengan penggunaan lensa hood, biasanya warna pada image akan tampil lebih jelas, tajam, kontras dengan tepat dan memiliki saturasi warna yang lebih dalam. Cahaya berlebihan yang langsung menabrak lensa juga bisa menciptakan bayangan imaginer yang kadang pada kasus tertentu malah terkesan seperti ada hantu pada image yang pada dunia fotografi dikenal flare.

Selain sebagai filter cahaya, lensa hood ini juga bisa menjadi bemper bagi lensa. Berkat keberadaan lensa hood, maka Anda bisa mencegah tangan Anda menyentuh langsung permukaan lensa yang bisa meninggalkan sidik jari Anda.

Pada kasus lain, lensa hood juga bisa menjadi penahan pada saat tanpa sengaja kamera terjatuh, maka lensa hood bisa mencegah lensa langsung terbentur dan kaca depan pecah. Karena posisi lensa hood yang tepat dihadapan kaca depan lensa.

Pada perkembangannya sekarang, lensa hood juga berkembang menjadi beragam bentuk. Ada yang berbentuk sekedar tabung dengan permukaan waving, berbentuk kerucut hingga berbentuk seperti kelopak bunga. Semua bergantung pada kebutuhan Anda.

Soal harga lensa hood memang cenderung mahal. Tidak heran bila kebanyakan pengguna adalah fotografer profesional, karena sebenarnya lensa hood ini sangat kaya fungsi dan manfaat. Tentu seorang fotografer profesional tidak saying mengeluarkan sejumlah uang untuk sebuah alat yang demikian bermanfaat.


Pernah menuliskan salah satunya?

manfaat penggunaan lensa (1), 

Leave a Reply