Mau Tau Cara Memotret Kembang Api?

Lebaran Idul Fitri baru saja berlalu da nada satu tradisi khas yang rasanya tidak bisa terlepas dari perayaan ini. Bukan ketupat bukan opor ayam juga bukan baju kaftan baru. Tapi pesta kembang api. Di segala penjuru Anda akan menemukan jajaran pedagang kembang api yang menjajakan beragam ukuran kembang api. Jadi penasaran kan bagaimana cara memotret kembang api.

mau tau cara memotret kembang api

Ternyata tidak mudah lho memotret kembang api, ada beberapa teknik khusus yang perlu Anda perhatikan untuk sukses menghasilkan foto kembang api yang cantik. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan teknik memotret kembang api.

  1. Pilih Lokasi Tepat
    Salah satu kunci keberhasilan Anda adalah ketika Anda berhasil menemukan titik berdiri yang tepat sehingga bisa mendapatkan angle yang pass. Masalahnya  sering kali tidak mudah memperkirakan posisi kembang api nanti, jadi kadang memilih lokasi yang bisa memberi Anda view yang luas dan lapang adalah pilihan paling bijak, upayakan tidak terlalu dekat dengan sumber kembang api, karena bisa-bisa Anda justru akan terkepung oleh asap dan menghalangi pandangan Anda.
  2. Gunakan perangkat tepat
    Bila Anda berniat memotret kembang api sebaiknya persenjatai Anda dengan kamera beresolusi tinggi, lensa zoom ukuran setidaknya 200 mm atau lensa wide angle yang akan membantu Anda mendapatkan view cantik dari ledakan kembang api ini.
  3. Tentukan focal length di awal
    Anda perlu menentukan fokus sebelum kembang api menyala. Anda tidak akan sempat merubahnya pada saat kembang api sudah menyala, karena waktu yang cepat. Semua tergantung pada jarak Anda denan kembang api. Atau Anda juga bisa menggunakan mode infinity atau tidak terhingga bila Anda memotret pesta kembang api di sebuah event dilapangan luas dari kejauhan.
  4. Gunakan Manual Mode
    Anda perlu menggunakan manual mode untuk mendapatkan eksposure yang tepat dan tajam. Jadi off kan auto focus dan juga flash Anda. Flash tidak Anda perlukan di sini, karena justru Anda membutuhkan cahaya temaram untuk mendapatkan ketajaman gambar dari kembang api. Flash seolah akan menjadi cahaya tandingan bagi kembang api dan tentu saja merusak foto Anda.

Ok..berhubung ternyata tips untuk memotret kembang api ini cukup panjang, saya sambung pada artikel berikutnya ya…

No Responses to “Mau Tau Cara Memotret Kembang Api?”

Leave a Reply