Masih Mengenai Cara Memotret Kembang Api

Pada artikel sebelumnya di sini saya sudah berbagi informasi seputar cara memotret kembang api dengan tepat. Tapi teknik dalam artikel tersebut belum lengkap, karenanya kali ini saya akan menambahakn informasi tersebut dengan beberapa poin berikut.

masih mengenai cara memotret kembang api

Ini dia teknik lanjutan dalam memotret kembang api.

  1. Gunakan low shutter
    Kembang api akan bergerak cukup cepat, jadi Anda harus menggunakan shutter speed lambat, setidaknya bisa 2 detik atau justru menggunakan mode Bulb untuk mendapatkan speed rendah hingga diatas 30 detik. Mode Bulb akan memberi Anda hasil foto yang halus, sedang pada kecepatan lebih tinggi gambar detil putus-putus bisa lebih muncul.
  2. Tentukan Eksposure di awal
    Berdasar banyak referensi Anda perlu mengatur kamera dengan ISO 100 dan aperture pada f/11 – f/14 pada kembang api kecepatan normal atau menggunakan f/18 pada kecepatan tinggi. Tapi angka ini tidak mutlak Anda bisa mencoba beragam pengaturan eksposure sesuai kebutuhan kamera Anda.
  3. Gunakan Tripod dan remote
    Berhubung Anda akan memotret dalam kecepatan ekstra rendah dan aperture tinggi, Anda harus menjaga stabilitas kamera Anda semaksimal mungkin. Getaran kecil sekalipun akan merusak foto Anda secara drastis, jadi gunakan tripod dan shutter release alias remote. Dengan alat ini Anda juga bisa leluasa memotret sebanyak-banyaknya. Karena biasanya untuk memotret kembang api Anda juga perlu memperhatikan factor random, alias tidak semua foto Anda akan sukses. Jadi ambil jangan ragu memotret kembang api banyak-banyak, toch di era digital Anda tidak perlu lagi membeli film untuk memotret banyak-banyak.
  4. 4.       Kaitkan kembang api dengan objek lain
     Ini bisa menjadi ide berbeda dari pemotretan kembang api pada umumnya yang hanya sekedar fokus pada kembang apinya saja. Anda bisa mencoba memotret kembang api dengan fokus pada wajah orang yang tampak kagum pada pesona kembang api, dengan wajah seolah memantulkan cahaya kembang api yang kemerahan, atau pesona kembang api dari balik gedung bertingkat yang lengkap dengan lampu-lampunya.

Baiklah, itu dari 4 teknik lanjutan dari memotret kembang api dari saya. Beberapa bulan lagi Anda bisa memanfaatkan ilmu ini ketika menyambut tahun baru nanti. Semoga Anda sukses mempraktekan teknik ini ketika memotret kembang api akhir tahun nanti.

Leave a Reply