Lebih Jauh Mengenai ISO Dalam Fotografi

Dulu pada masa fotografi film, Anda mungkin tidak asing dengan istilah ASA. Sebenarnya ISO dan ASA memiliki maksud yang sama, yakni tingkat sensitivitas penerima cahaya dari lensa. Bila pada fotografi lama dengan film, maka penerima cahaya adalah film. Sedang ISO dalam fotografi digital menggunakan sensor yang dapat menterjemahkan gambar dari jatuhnya cahaya.

lebih jauh mengenai iso dalam fotografi

Penggunaan ISO pada umumnya cukup sederhana. Ketika Anda berada di lokasi dengan cahaya rendah, maka Anda perlu memperbesar nilai ISO yang juga berarti daya sensitifitas cahaya juga besar, sedang ketika Anda berada di ruang dengan cahaya berlimpah, maka Anda bisa mengecilkan ISO dan artinya juga besaran celah yang dilewati cahaya juga menjadi lebih kecil.

ISO  dalam fotografi sendiri merupakan bagian dari 4 pilar utama dari pemakaian kamera dalam membidik foto. Pertama adalah aperture, ISO, exposure dan shutter speed.  Keempat pilar ini memiliki peran besarnya masing-masing dalam menghasilkan foto tajam dan indah.

ISO dalam fotografi memiliki fungsi sebagai pintu masuk cahaya melewati lensa dan menuju sensor.  ISO dalam fotografi ini berupa sistem perubahan ukuran bukaan lensa.  Pada umumnya ISO dalam fotografi memiliki ukuran dari 100 hingga ukuran besar seperti 25000.

Tapi dengan tingginya nilai ISO, juga bisa memberi efek noise pada foto yang akan merusak hasil foto. Efek noise adalah bintik bintik pada foto yang berakibat foto terlihat lebih kusam dan kurang tajam. Tapi untuk ISO dalam fotografi modern, sudah muncul teknologi baru yang bisa meredam kemunculan noise ini, meski seringnya tidak bisa menghapus sama sekali.

Kehadiran noise ini pada umumnya dihindari oleh para fotografer, karena dianggap merusak tampilan keseluruhan dari foto. Tapi dalam beberapa teknik, justru noise ini sengaja dimanfaatkan untuk menciptakan kesan dramatis pada foto.

Dalam memotret dalam ruang gelap, Anda perlu mengoptimalkan pengaturan ISO, aperture dan shutter speed. Inilah kuncinya, Anda bisa menghasilkan foto dengan under ekspos, over ekspose tau justru sempurna. Jadi pengaturan ISO dalam fotografi memegang kunci penting keberhasilan pemotretan.


Pernah menuliskan salah satunya?

Fotografi Maksud ISO (1), 

Leave a Reply