Lakukan Kombinasi Tata Dasar Komposisi Fotografi Pada Foto Landscape Anda

Sebelumnya saya sudah membahas soal 4 tata dasar dari komposisi fotografi landscape. Kali ini saya akan mencoba menggambarkan pada Anda bahwa 4 tata dasar komposisi fotografi bukan sesuatu yang mutlak dan harus Anda terapkan pada foto Anda.

lakukan kombinasi tata dasar komposisi fotografi fada Foto Llndscape anda

Anda bisa membuat sudut yang berbeda dengan pendekatan personal Anda dan mengabaikan tata dasar. Juga bisa pula menggabungkan 4 tata dasar ini dalam sebuah komposisi fotografi yang lebih kompleks. Yang jelas masing-masing pendekatan akan memberi Anda originalitas foto landscape.

Karena ketika Anda terpaku pada 4 tata dasar, Anda akan menemukan bahwa tidak semudah teori untuk menemukan angle yang sesuai dengan tata dasar komposisi fotografi. Karenanya di sini Anda tetap dituntut kreatif dengan memanfaatkan kondisi dan pemandangan yang ada dengan pendekatan Anda pribadi. Sudut pengambilan dan proporsi pada gambar tidak selalu mutlak sesuai dengan teori.

Salah satu komposisi dasar yang paling utama adalah rule of third. Di sini Anda akan menggabungkan komposisi lain dengan hukum rule of third. Kadang berkat penggabungan ini justru foto menjadi lebih kompleks dan terkesan lebih hidup.

Hukum komposisi lain yang juga cukup banyak digabungkan dengan komposisi lain adalah frame. Konsep menciptakan kesan terbingkai pada foto landscape akan memberi kesan berbeda pada foto. Menggabungkannya dengan konsep diametric adalah sebuah andalan yang bisa memberi Anda hasil menarik dan indah.

Lalu komposisi lain yang akrab adalah garis (line). Anda bisa menggabungkan garis horizontal, garis vertical dan garis diagonal dengan beragam bentuk geometris, fokus dan aturan komposisi lain.Maka hasilnya tidak akan mengecewakan Anda.

Leave a Reply