Ini Dia Tips Dasar Dalam Food Fotografi

Anda tertarik pada bidang food fotografi? Sama sekali bukan ide yang buruk. Karena saat ini memang sedang trend food fotografi sedang baik sekali. Permintaan pasar untuk jasa food fotografi cukup tinggi dan datang dari banyak kalangan.

Bila Anda meraini dia tips dasar dalam food fotografisa tidak percaya diri dengan perangkat kamera Anda yang minimalis, Anda sebenarnya tidak perlu berkecil hati. Di era digital dan teknologi tinggi macam sekarang, bahkan kamera saku saja sudah bisa menghasilkan foto yang tidak tertinggal dengan foto dari kamera DSLR, meski dengan beberapa keterbatasan.

Justru itu, Anda hanya harus mengenali kamera Anda sebaik mungkin. Anda cukup memaksimalkan kemampuan terbaik dari kamera Anda dan menutupi kekurangan yang ada pada kamera Anda. Dan untuk itu saya akan coba berbagi sedikit tips dalam melakukan pemotretan food fotografi secara sederhana dan mendasar.

  1. Gunakan focus pendek
    Pesona makanan pada umumnya akan keluar secara optimal bila Anda memotretnya dalam jarak dekat. Tidak jarang Anda harus menggunakan lensa makro untuk menciptakan gambar yang sangat tajam. Tapi bila lensa makro terlalu jauh dari jangkauan, Anda masih bisa menggunakan zoom secara tepat. Jaga keseimbangan untuk menghindari over exposure karena penggunaan zoom dan focus pendek berlebihan.
  2. Jangan gunakan flash built in Anda
    Bila kamera Anda menyediakan flash built in, maka off kan saja. Anda memotret dalam jarak dekat, cahaya yang datang secara tegak lurus dan terlalu berlebihan akan merusak keseimbangan warna dan membuat cahaya terpantul dari kaca, sendok atau apapun yang terdapat pada sajian.
  3. Jangan terlalu lama
    Beberapa makanan kadang kala akan layu atau tidak segar bila Anda biarkan lama di udara bebas. Jelas ini akan merusak tampilan sajian pada saat Anda foto. Jadi pastikan Anda bergerak cukup efektif ketika sajian masih cukup segar. Kadang asap panas yang mengebul dari makanan juga bisa Anda ekspose dan menambah nilai positif dari foto Anda.
  4. Gunakan Tripod dan Shutter release
    Ini dia yang wajib Anda gunakan. Memotret dalam jarak sangat dekat, zoom optimal, focal length pendek dan pencahayaan rendah akan sangat rawan guncangan, meski itu hanya guncangan akibat Anda menekan shutter. Jadi pastikan Anda menggunakan tripod dan shutter release supaya kamera tetap sabil.
  5. Cari “best angle”
    Bila Anda memotret sebuah sajian makanan. Anda perlu berkeliling sembari mengintip dari view finder Anda. Pastikan Anda menemukan angle terbaik dari makanan tadi. Perubahan sudat beberapa cm saja bisa merubah keseluruhan tampilan. Jangan lupa untuk mencari titik focus yang paling tepat. Karena titik focus ini yang akan menentukan keseimbangan dari foto Anda secara keseluruhan.

Bagaimana penjelasan dari tips dasar food fotografi ini? Lain waktu saya akan coba lanjutkan tips ini secara lebih mendalam dan teknis untuk membantu Anda mendapatkan foto yang terbaik. Selamat mencoba, akan lebih menarik bila Anda share pengalaman Anda memotret sajian makanan bersama kami disini.

Leave a Reply