Cara Membuat Foto Digital Dalam Cahaya Minim

Kondisi Ideal untuk membuat sebuah karya foto digital adalah cahaya yang cukup. Karena cahayalah akan bekerja pada unit optikal kamera, menciptakan bayangan pada sensor dan membentuk gambar pada foto.

Masalahnya tidak selamanya Anda bisa memastikan kondisi view Anda dalam keadaan kecukupan cahaya. Kadang kala Anda harus berhadapan dengan view yang memilii cahaya minim. Meski kemudian dunia fotografi juga menghadirkan flash, tidak selamanya flash akan mampu menjawab semua kebutuhan Anda untuk menghasilkan foto yang baik dalam cahaya minim.

Terutama bila Anda bicara mengenai built in flash yang memang akan menembak langsung target Anda dengan cahaya yang datang searah dengan posisi kamera. Keberadaan flash justru akan merusak foto dengan efek compress depth, sehingga menghilangkan efek 3 dimensi.

Berikut adalah beberapa cara dalam membuat foto digital dalam cahaya minim.

  1. Gunakan ISO besar
    Sejak awal kegunaan ISO memang untuk mengoptimalkan daya tangkap sensor terhadap cahaya. Jadi bila Anda set ISO dalam angka besar, maka daya tangkap cahaya dari sensor akan semakin besar.  Efek dari ISO besar adalah noise, tapi kini noise bukan lagi masalah besar dengan hadirnya beragam fitur noise reduction yang efektif dan beragam editor foto yang memiliki fitur penghapus noise.
  2. Foto dengan cepat
    Gunakan set aperture pada f/1.8 yang akan mengatur kecepatan foto Anda secara maksimal. Pada kecepatan ini daya tangkap kamera terhadap cahaya akan lebih baik. Anda juga bisa mengeset eksposure in post yang juga akan membantu meningkatkan kecepatan.
  3. Shoot RAW
    Set gambar image pada RAW yang juga akan mempercepat daya tangkap kamera atas cahaya yang melewati lensa.
  4. Perhatikan sumber cahaya
    Terakhir, rendah cahaya bukan sama dengan tidak ada cahaya. Artinya disini Anda masih bisa mendapatkan cahaya untuk memantulkan sebuah gambar pada sensor. Jadi yang paling penting sadari arah datang cahaya, besaran cahaya yang ada dan posisi benda lain yang mungkin akan menghalangi cahaya. Jadi pastikan posisi objek dan kamera bisa memungkinkan menangkap cahaya dengan maksimal dan tepat.
  5. Sesuaikan white balance
    Fungsi white balance adalah mengatur kekontrasan dan pencahayaan yang muncul dalam foto. Jadi gunakan mode white balance yang tepat untuk menciptakan gambar yang sesuai dengan kondisi pencahayaan saat itu.

Bagaimana menurut Anda cara membuat foto digital dalam cahaya minim. Meski pada dasarnya foto digital memang memberi keleluasaan untuk adanya proses edit yang lebih luas,dan itu juga berarti edit atas kondisi pencahayaan dan white balance dari foto. Tapi bila foto dasarnya sudah cukup baik dan memiliki pencahayaan yang pass, tentu saja akan lebih baik.

Leave a Reply