Berkenalan Dengan Mode Bulb Dalam Fotografi

Terdapat salah satu mode atau setting yang biasanya ada di setiap kamera DSLR dan mirrorless, yakni mode Bulb. Apa itu mode Bulb?

berkenalan dengan mode bulb dalam fotografi

Mode Bulb adalah mode dalam kamera DSLR adalahsebuah system yang mengatur shutter speed mampu bekerja di kecepatan yang lebih lama darikecepatan lambat standar. Bila biasanya kecepatan rana terlama adalah 30 detik, maka dengan mode Bulb ini Anda bias mengatur shutter speed dengan kecepatan yang sesuai kebutuhan Anda. Bahkan bias mencapai shutter speed ratusan detik.

Pada umumnya mode ini digunakan di malam hari. Ini karena mode Bulb ini sangat berkaitan erat dengan jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamera. Untuk hasil optimal dari mode Bulb ini Anda perlu  meminimalisir cahaya, bahkan menggunakan ISO rendah untuk mendapatkan foto yang semakin halus dan lembut. Tapi bukan menutup kemungkinan Anda bias juga mendapatkan foto berkualitas dengan cahaya lebih banyak, meski ini lebih sulit.

Kata Bulb berasal dari metode lama dalam menggunakan mode Bulb, yakni dengan menggunakan gelembung udara dari karet yang berfungsi menahan tombol shutter agar tetap terbuka. Tapi kini cara lama ini sudah tidak terpakai lagi sejak hadirnya kamera Digital SLR. Cukup dengan menekan tombol B dan tunggu hingga tampil kata Bulb dilayar LCD kamera Anda.

Pada umumnya mode Bulb menjadi senjata pamungkas bagi fotografer yang bermaksud memotret dengan long exposure alias kecepatan diatas 30 detik. Bisa untuk pemotretan kembang api, gerakan lampu kendaraan di kota, melukis cahaya , petir, yang penting pada saat penggunaan setting aperture pada kamera dengan bukaan kecil seperti pada kondisi f/11 atau f/22.

Kelemahan dari mode Bulb adalah sensitivitasnya terhadap getaran, jadi Anda perlu sangat  seksama memastikan kamera bebas getaran. Bisa dengan tripod, shutter release atau remote. Pada beberapa kamera aktivasi dari mode ini sedikit memakan waktu, jadi memang perlu sedikit bersabar.

OK…setelah ini saya akan mencoba menjabarkan implementasi dari mode Bulb ini dalam membuat lukisan cahaya dengan kamera. Bagaimana caranya? Silahkan klik di sini.

Leave a Reply